Negara Timur Tengah Termasuk Arab Saudi Perbolehkan Rayakan Valentine

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa negara Timur Tengah termasuk Arab Saudi malah memperbolehkan perayaan Hari Valentine. Hal ini justru bertentangan dengan sikap dan pendapat sebagian ulama.

Sikap perubahan Arab Saudi ini terjadi pada 2018 lalu. Hal ini dikarenakan seorang tokoh Saudi terkemuka yang menyebut Hari Valentine sebagai “acara sosial yang positif”.

Ini menyusul reformasi berorientasi liberal yang diperkenalkan oleh orang nomor dua di kerajaan Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang diimbangi oleh kontrol politik yang lebih ketat.

Sebelumnya, para pemilik toko harus menyembunyikan mawar merah yang ikonik, bagaikan semacam zat terlarang yang dijual di bawah meja, untuk menghindari penggerebekan oleh polisi agama.

Restoran menolak pasangan kecuali mereka dapat membuktikan bahwa mereka sudah menikah, sementara pihak berwenang menekan pemilik restoran agar menolak pemesanan untuk ulang tahun dan perayaan hari jadi.

Pada 2020 lalu, surat kabar utama Arab Saudi memberi daftar tempat-tempat terbaik untuk berpesta, sementara pepatah lama bahwa “jalan menuju hati seseorang adalah melalui perut mereka” tampaknya memenuhi restoran.

Sheik Ahmad Al-Ghamdi, mantan kepala polisi syariah Mekkah  mengatakan, umat muslim dapat merayakan hari kasih sayang pada 14 Februari.

Pada 13 Februari 2019, Dar Al-Ifta Al-Misriya atau Dewan Dekrit Keagamaan Mesir, Ahmed Mamdouh mengatakan, tidak ada salahnya menetapkan satu hari untuk menunjukkan rasa cinta satu sama lain.

Mufti Agung Tunisia Othman Battikh juga membantah jika hari Valentine semata-mata tradisi Kristiani. Anggota Pusat Riset Islam, Mohammed Al-Shahat Al-Jundi juga mengatakan, hari Valentine dapat menjaga hubungan kekeluargaan.

Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman mendorong Arab Saudi lebih moderat untuk memodernisasi kerajaan. Hari Valentine dilegalkan pada tahun 2018. Perayaan ini membawa hal baik bagi restoran, kafe, klinik, toko bunga dan salon di Arab Saudi. Terdapat hadiah Valentine bertemakan kutipan Alquran

Koleksi ini merupakan kelanjutan dari koleksi Rouh desain yang terinspirasi dari kutipan ayat-ayat Alquran dalam karangan penyair Kahlil Gibran dan filsuf Al Mutanabi. Arab News merilis ulasan khusus yang berisi panduan penting dalam merayakan Hari Valentine yang kini tak lagi haram di kerajaan tersebut.

Dalam panduannya, Arab News menyarankan pembacanya untuk merayakan Hari Valentine dengan melakukan perjalanan romantis bersama pasangan atau menyewa yacht di Laut Merah, hingga menginap di hotel warisan budaya di oasis yang ada di wilayah Eastern Province di negara tersebut.

Arab News juga memberikan panduan dalam memilih hadiah saat Hari Valentine, baik untuk pasangan wanita maupun pasangan pria. Anggaran dan hadiah untuk setiap opsi juga disertakan. Terdapat juga informasi-informasi yang diberikan soal tempat terbaik untuk makan malam romantis dengan pasangan saat Hari Valentine.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini