NASA Temukan Foto Tulang Manusia di Mars, Kok Bisa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menggemparkan dunia dengan penemuannya. Kali ini, sebuah foto mirip tulang manusia yang diambil penjelajah Curiosity, wahana milik NASA dirilis.

Foto tersebut diambil pada tahun 2014 dari permukaan Mars. Dalam foto tersebut, tampak bentuk tulang yang diduga bagian paha dari manusia.

Gambar tersebut diambil robot penjelajah, Curiosity Rover’s MastCam pada 14 Agustus 2014 dan dengan cepat menghembuskan teori konspirasi sebagai bukti Planet Merah ini pernah menyimpan kehidupan.

Namun, tak semua orang percaya dengan foto tersebut dan menuduh NASA telah menyebar konspirasi. Akhirnya, lembaga antariksa tersebut melakukan klarifikasi kepada publik.

“Itu adalah batu Mars yang mungkin terlihat seperti tulang paha femur,” kata juru bicara NASA dalam keterangannya, yang dikutip dari Science Alert, Senin 15 Juni 2020.

Juru bicara NASA menjelaskan, anggota tim SAINS dalam misi tersebut berpikir kemungkinan bentuk batuan tersebut dipahat secara alami akibat erosi, baik oleh angin atau air.

NASA mengakui, planet Mars kemungkinan tidak pernah memiliki cukup oksigen di atmosfernya dan di tempat lain yang mendukung organisme yang lebih kompleks.

“Dengan demikian, fosil besar tidak mungkin terjadi di Mars,” ujar juru bicara NASA.

Sejak lama NASA telah memulai misi penjelajahan Mars yakni dimulai dari tahun 1960-an. Para ilmuwan ingin menemukan tanda kehidupan di Mars, baik dulu atau sekarang di permukaan planet berbatu dan berdebu ini.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini