NASA Gandeng Tom Cruise Bikin Film di Stasiun Luar Angkasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) menggandeng aktor dunia Tom Cruise untuk membuat film di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Seorang juru bicara NASA juga mengkonfirmasi kepada CNN Business bahwa Cruise akan meluncur ke luar angkasa dan tinggal di stasiun itu, sebuah laboratorium bernilai miliaran dolar yang mengorbit sekitar 250 mil (400 km) di atas Bumi.

Kru astronot yang berotasi telah tinggal di ISS terus menerus sejak tahun 2000, dan beberapa turis mampir ke stasiun itu selama bertahun-tahun. Pada satu titik, bintang pop Lance Bass, dari boyband NSYNC, merencanakan kunjungan pada awal 2000-an, meskipun perjalanan itu tidak berjalan dengan baik.

Beberapa film telah diambil di atas stasiun itu, termasuk film dokumenter IMAX tahun 2002 yang dinarasikan Cruise. “Apogee of Fear 2012”, sebuah film fiksi ilmiah, juga difilmkan di ruang angkasa oleh pengusaha dan turis ruang angkasa Richard Garriott, putra seorang astronot.

Tapi Cruise bisa menjadi aktor pertama yang mengikuti perjalanan ke luar angkasa. “Kami membutuhkan media populer untuk menginspirasi generasi baru insinyur dan ilmuwan untuk membuat rencana ambisius NASA menjadi kenyataan,” kata Administrator NASA Jim Bridenstine dalam tweet Selasa.

Laman Deadline melaporkan Selasa bahwa film itu akan menandai “film fitur naratif pertama – sebuah petualangan aksi – yang akan dibuat di luar angkasa.”

Tidak jelas bagaimana atau kapan Cruise akan melakukan perjalanan ke stasiun ruang angkasa atau apakah anggota kru tambahan dapat bergabung dengannya.

Rusia adalah satu-satunya negara dengan kemampuan untuk menerbangkan manusia ke dan dari stasiun luar angkasa, tetapi SpaceX dan Boeing telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan pesawat ruang angkasa yang mampu mengembalikan kemampuan itu ke Amerika Serikat.

Kendaraan SpaceX, Crew Dragon, diharapkan untuk menyelesaikan misi kru pertamanya ke ISS akhir bulan ini.

Berbeda dengan program luar angkasa manusia pada dekade sebelumnya, NASA tidak akan memiliki dan mengoperasikan kendaraan SpaceX atau Boeing. Kedua perusahaan akan diizinkan untuk menjual kursi di pesawat ruang angkasa mereka kepada wisatawan atau orang lain yang bersedia membayar jutaan dolar.

SpaceX sebelumnya mengumumkan akan bekerja dengan perusahaan pihak ketiga untuk menjual kursi di atas kapal Crew Dragon masing-masing sekitar 50 juta US dolar.

NASA juga mengeluarkan arahan tahun lalu yang menetapkan rencana untuk memungkinkan pelancong luar angkasa non-pemerintah membayar badan luar angkasa itu untuk menggunakan fasilitas Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dokumen itu juga menjabarkan berapa biaya layanan tertentu: Penggunaan peralatan pendukung kehidupan dan toilet terdaftar seharga 11.250 US dolar per hari. Makanan, udara, dan ketentuan lainnya dihargai 22.500 US dolar per hari.

Stasiun Luar Angkasa Internasional dibangun sebagai kemitraan di antara puluhan negara, tetapi Amerika Serikat dan Rusia adalah operator utamanya.

Mempertahankan bagian AS dari laboratorium yang mengorbit, tempat para astronot melakukan penelitian ilmiah dan komersial, setiap tahun pembayar pajak AS mengeluarkan sekitar 3-4 miliar US dolar, menurut laporan pemerintah tahun 2018.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini