Nama Putra Muammar Gaddafi Dicoret dari Daftar Kandidat Presiden Libya

Baca Juga

MATA INDONESIA, TRIPOLI – Komisi pemilihan Libya mencoret nama Saif al-Islam Gaddafi dalam kandidat pemilihan presiden yang akan digelar pada Desember 2021. Komisi tersebut beralasan bahwa putra dari mantan Presiden Muammar Gaddafi itu tidak memenuhi syarat.

Melansir Guardian, Kamis, 25 November 2021, Gaddafi merupakan salah satu dari 25 kandidat yang didiskualifikasi komisi pemilihan Libya dalam keputusan awal sambil menunggu proses banding yang akan diputuskan oleh pengadilan.

Perselisihan tentang aturan pemilu, termasuk dasar hukum pemungutan suara dan siapa yang berhak mencalonkan diri, mengancam akan menggagalkan proses perdamaian yang didukung internasional yang bertujuan untuk mengakhiri satu dekade kekacauan faksi.

Jaksa militer di Kota Tripoli telah mendesak komisi untuk mengesampingkan Gaddafi setelah keyakinannya in absentia atas tuduhan kejahatan perang tahun 2015 atas perannya dalam memerangi revolusi yang menggulingkan sang ayah tahun 2011. Namun, Gaddafi telah membantah melakukan kesalahan.

Beberapa kandidat lain yang awalnya disetujui oleh komisi juga telah dituduh oleh lawan politiknya atas kemungkinan pelanggaran aturan pemilu.

Kandidat terkemuka lainnya adalah komandan militer timur Khalifa Haftar, yang kabarnya memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Banyak orang di Libya barat juga menuduhnya melakukan kejahatan perang yang dilakukan selama serangan 2019-20 di Tripoli.

Seperti halnya, Saif al-Islam Gaddafi, Haftar juga menyangkal kejahatan perang dan mengatakan dia bukan warga negara Paman Sam.

Utusan Libya untuk PBB Ján Kubiš, yang mengundurkan diri dari jabatannya, mengatakan kepada dewan keamanan PBB pada hari Rabu bahwa peradilan Libya akan membuat keputusan akhir tentang aturan dan apakah kandidat memenuhi syarat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini