Nama Pengganti Kapolri Idham Azis Bermunculan, mantan Kabareskrim Bocorkan Ciri-cirinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejumlah nama calon kuat pengganti Kapolri Jendral Polisi Idham Azis mulai hangat dibicarakan. Empat nama digadang-gadang menjadi calon kuat mulai dari Wakapolri Gatot Edi, Kabareskrim Sigit Listyo Prabowo, Kabaharkam Agus Andrianto dan Kepala BNPT Boy Rafli.

Baru-baru ini mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Ito Sumardi, membeberkan sejumlah ciri-ciri dari sosok yang nantinya akan dipilih sebagai Kapolri baru.

Diketahui, ada 13 nama yang memiliki pangkat sama dan berpotensi dipilih sebagai Kapolri pengganti Idham Azis. Sepak terjang alias karier mereka saat menjadi anggota kepolisian pun tak luput dari penilaian.

Ada tiga belas bintang tiga yang memiliki jenjang kepangkatan dan karier itu yang

“Kita lakukan semacam satu penilaian. Sesuai dengan kriteria yang telah disampaikan oleh para peserta daripada rapat,” kata Ito dalam siaran televisi swasta, belum lama ini.

Menurut Ito, permasalahan yang dihadapi Polri akan semakin pelik, terlebih menyangkut tentang masalah sosial yang di dalamnya menyangkut masyarakat luas.

Dengan demikian disimpulkan bahwa ciri-ciri sosok Kapolri yang baru harus memiliki integritas tinggi soal penenggakan hukum. Namun tentunya dengan cara yang lebih humanis dan bijaksana.

Selain itu, Kapolri baru juga wajib mampu merangkul seluruh elemen masyarakat, seperti tokoh masyarakat, pejabat pemerintah baik pusat maupun daerah, serta anggota DPR.

“Sehingga pimpinan Polri yang akan datang, itu harus mampu meneggakan hukum tapi humanis dan bijak serta mampu berkomunikasi dengan DPR, dengan juga instansi samping,” katanya.

Ito menambahkan, calon Kapolri yang diprioritaskan tersebut tentunya merupakan sosok yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Terkait penilaian lebih lanjut soal nama calon Kapolri baru, pihaknya menyerahkan kepada keputusan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Ketua lembaga Kompolnas sendiri diketahui dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Oleh sebabnya Ito menilai kemungkinan besar Mahfud MD memiliki nama prioritas yang akan diunggulkannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini