(Foto: Marca)

MATA INDONESIA, JAKARTA – France Football merilis kandidat lengkap Dream Team XI Ballon d’Or 2020. Tapi, ada beberapa nama top yang tak masuk dalam nominasi.

Penghargaan ini sebagai pengganti Ballon d’Or 2020 yang ditiadakan karena pandemi Covid-19. Beda dengan Ballon d’Or, Dream Team XI Ballon d’Or menyertakan pemain-pemain top dari berbagai era. Sementara Ballon d’Or adalah kandidat pemain-pemain top yang masih aktif.

Di posisi kiper, tidak ada nama legenda Jerman, Oliver Kahn. Dia terpilih sebagai pemain terbaik Jerman di Piala Dunia 2002 meski di final kalah dari Brasil. Prestasinya bersama Bayern Muenchen juga tak kalah mengilap.

Di posisi bek kanan, tak ada nama legenda Argentina, Javier Zanetti. Di bek tengah, duo legenda Spanyol, Fernando Hierro dan Carles Puyol juga tak masuk nominasi. Soal prestasi dan kualitas, ketiga nama ini tak perlu diragukan lagi.

Untuk posisi gelandang bertahan, tidak ada nama gelandang-gelandang terbaik di abad ke-20 seperti Patrick Vieira, Roy Keane, dan Claude Makelele. Kemudian, di posisi gelandang serang tak ada nama pemenang Ballon d’Or, Pavel Nedved, Kaka, dan Luka Modric.

Di posisi penyerang, tidak ada nama-nama seperti Andriy Shevchenko, Raul Gonzalez, Alessandro Del Piero, hingga Miroslav Klose.

Mungkin France Football memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan nominasi. Lagi pula, hanya ada 10 nominasi untuk setiap posisi kecuali gelandang bertahan dan gelandang menyerang dengan 20 nominasi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here