Nama BIN Dicatut dalam Kasus Impor Bawang Putih, Pakar: Publik Tau itu Hoax!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Badan Intelijen Negara (BIN) dicatut dalam kasus dugaan suap impor bawang putih. Namun rumor tersebut telah dibantah dengan tegas oleh Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto.

Hal tersebut juga diaminkan oleh pengamat pertahanan dan militer, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati.

“Pasti hoaks lah. Wong namanya nyatut lembaga apa aja bisa dicatut,” katanya ketika dihubungi Minews, Jumat 3 Desember 2020.

Susi pun mengatakan, soal kabar bohong tersebut, masyarakat perlu bijak dalam menerima berita yang berseliweran di media.

“Publik yang cerdas (tentu) tahu itu hoaks,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, nama BIN mendadak disebutkan dalam dokumen persidangan Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi. Sesuai pengakuan salah satu tersangka bernama Chandry Suanda alias Afung dalam dokumen tersebut, katanya ia diiming-iming oleh tersangka lainnya, Dody Wahyudi bahwa bakal dapat kuota impor bawang putih menggunakan jatah yang diduga milik BIN.

Namun seusai sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta 19 Desember 2019, Afung malah mengatakan tak mengetahui benar tidaknya bahwa jatah yang ia pakai untuk impor 2018 adalah milik BIN. “Itu sekedar omongan ya, enggak tahu benar atau enggaknya, dan tidak pernah bertemu dengan orang BIN,” kata dia.

Adapun Dody ditemui di kesempatan yang sama menyangkal kabar itu. “Tidak benar,” kata dia.

Selain keduanya, KPK juga telah menetapkan 3 tersangka lainnya yaitu mantan anggota DPR dari Fraksi PDIP I Nyoman Dhamantra dan orang kepercayaannya Mirawati Basri. Mereka diduga menerima Rp 3,5 miliar dari pengusaha untuk mengurus kuota impor bawang putih. Kemudian ada satu tersangka lain dari pihak swasta yaitu Zulfikar.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini