Munas MUI, Beberapa Nama Muncul Sebagai Calon Ketua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Majelis Ulama Indonesia (MUI) bakal mengelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 yang digelar pada 25-27 November 2020 di Hotel Sultan.

Salah satu agenda Munas adalah pemilihan Ketua Umum. Beberapa nama muncul sebagai calon ketua umum, di antaranya Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar dan Ketua PP Muhammadiyah Prof. H. Syafiq A. Mughni.

Selain nama Syafiq Mughni, nama lain dari Muhammadiyah yang muncul sebagai kandidat ketua umum adalah Muhyiddin Junaidi hingga Anwar Abbas. Muhyiddin saat ini menjabat Wakil Ketua Umum MUI, sedangkan Anwar saat ini menjabat Sekjen MUI.

Selain itu, muncul nama Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Nasaruddin disebut sebagai kandidat perwakilan NU bersama Rais Aaam PBNU Miftachul Akhyar.

Ketua Steering Comittee (SC) Munas X MUI, Abdullah Jaidi, mengatakan biasanya ketua umum MUI diduduki oleh Muhammadiyah dan PBNU. Namun sampai saat ini, kedua ormas tersebut belum menyerahkan nama kandidat ketua umum.

Muhyiddin mengomentari namanya yang muncul sebagai kandidat ketua umum MUI. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada tim formatur.

“Betul sudah beredar di media, kami serahkan ke tim formatur kalau saya sekarang 67 tahun umurnya dan kalau memang diberikan amanah tugas itu kan bukan tugas kecil, tugas berat apabila lagi kita harus netral, MUI nggak boleh di kungkungan pemerintah karena bukan organisasi di bawah pemerintah, harus independen, harus netral,” ujarnya.

Muhyiddin mengatakan biasanya jika ketua umum dijabat oleh perwakilan Muhammadiyah, sekjennya berasal dari PBNU. Begitu pun sebaliknya, jika ketua umum dijabat PBNU, perwakilan Muhammadiyah akan menjabat sekjen.

Ketua Bidang Ukhuwah Islamiyah MUI, Marsudi Syuhud, mengatakan nama Miftachul Akhyar memang kerap terdengar menjelang Munas MUI. Marsudi menyebut NU akan mengusulkan Miftachul sebagai ketua umum MUI selanjutnya menggantikan Ma’ruf Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini