Mulai Bangkit, Industri Game Indonesia Didorong Kuasai Pasar dalam dan Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, industri game di dalam dan luar negeri mulai menggeliat. Bahkan hal itu dijadikan momentum industri tersebut untuk berkembang.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate mengatakan pemerintah mendukung ekosistem industri gim Tanah Air. Salah satunya melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021.

“Kita ingin melihat para pelaku industri game dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk game yang bisa bersaing dengan game developer global dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar tapi juga pemain penting dalam tatanan industri game,” ujarnya.

Menteri Johnny menegaskan Kementerian Kominfo berupaya memanfaatkan momentum perkembangan industri game dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem game nasional.

Dalam IGDX 2021 berlangsung empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak dari pelaku industri gim baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya berharap, ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal kita untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, jejaring baru,” ujarnya.

Bahkan dirinya mendorong pelaku pelaku industri game Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

“Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk permainan atau game yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki,” katanya.

Lebih dari itu, Menteri Johnny mengharapkan penyelenggaran IGDX 2021 dapat menjadi penghubung bagi talenta Indonesia di bidang game agar dapat menemukan tempat untuk mengembangkan diri dan membangun ekosistem game dalam negeri.

“Di mana mereka bisa bekerja, berkarir dan terus juga berkembang menjadi salah satu fondasi kuat ekosistem industri game negeri kita Indonesia,” katanya.

Menurut Menkominfo saat ini Indonesia merupakan pasar industri game atau permainan elektronik terbesar di Asia Tenggara dan menduduki peringkat ke -17 dunia.

“Tercatat pula terdapat 52 juta penduduk Indonesia yang merupakan gamer. Namun faktanya pada tahun 2020, baru 0,4 persen industri lokal yang berkecimpung di pasar gim Indonesia,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini