MPR Bersuara Soal Karangan Bunga dari Jokowi untuk Kim Jong-un

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Karangan bunga yang dikirimkan Presiden Joko Widodo kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sempat menimbulkan tanda tanya publik. Namun, MPR RI memastikan, hal itu adalah langkah pemerintah menjalankan politik luar negeri yang bebas-aktif.

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah berkata, pengiriman karangan bunga dari Jokowi kepada Kim itu adalah tindakan wajar.

“Apa yang dilakukan Presiden Joko Widodo adalah hal yang wajar. Presiden Joko Widodo sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tengah menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif sebagaimana mandat konstitusi,” kata Basarah dalam keterangannya, Sabtu 26 September 2020.

Basarah menegaskan, politik Indonesia adalah bebas-aktif. Dalam artian, bebas untuk tidak memihak, dan aktif memperjuangkan perdamaian dunia.

Karena itu dia menilai sudah tepat jika Jokowi memberikan bunga karena bunga adalah simbol perdamaian dunia, khususnya di Semenanjung Korea.

Basarah menegaskan, meskipun terlihat damai dan ada kemajuan dalam pembicaraan damai tiga pihak, namun eskalasi di Semenanjung Korea dapat berlangsung sangat cepat.

“Untuk itu sebagai sesama negara yang berjuang dan lepas dari kolonialisme serta punya hubungan erat dengan kedua Korea, Indonesia sangat peduli akan perdamaian di Semenanjung Korea. Bunga adalah sinyal untuk dapat saling menahan diri dan menjaga situasi Semenanjung Korea tetap kondusif,” ujarnya.

Basarah mengatakan, konstitusi bangsa Indonesia, khususnya dalam pembukaan UUD 1945 memuat empat tujuan bernegara, satu di antaranya adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Bentang sejarah perjalanan bangsa Indonesia menjadi saksi bahwa sejak berdiri hingga kini, bangsa Indonesia memang konsisten memegang teguh politik luar negeri bebas aktif dan berpartisipasi aktif mewujudkan perdamaian abadi serta mengenyahkan penjajahan dari muka Bumi,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini