MotoGP Mandalika Mundur Maret 2022, Lalu Kabar World Superbike?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Agenda MotoGP Mandalika yang semula dijadwalkan berlangsung Oktober 2021, mundur menjadi Maret 2022. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC, Abdulbar M. Mansoer.

Abdulbar menyatakan lega karena mendapatkan kepastian waktu penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

“Kami tetap fokus menyelesaikan pembangunan Mandalika International Street Circuit dan memaksimalkan potensi dari event olahraga kelas dunia ini,” katanya.

Kepastian ini diperoleh setelah perwakilan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGp, melakukan inspeksi pra-homologasi di Mandalika International Street Circuit pada Rabu, 7 April 2021.

Kendati agenda MotoGP Mandalika mundur dari Oktober 2021 ke Maret 2022, ajang balap sepeda motor World Superbike atau WorldSBK tetap berlangsung pada 14 November 2021.

World Superbike dan MotoGP sama-sama ajang balap sepeda motor dunia. Perbedaannya, sepeda motor yang digunakan oleh pebalap MotoGP khusus dirancang untuk adu cepat. Sementara sepeda motor di World Superbike adalah kendaraan yang diperjualbelikan secara komersil.

Dan apabila penyelenggara MotoGP masih bisa mengadakan seri di Asia Tenggara menjelang akhir tahun 2021, maka mereka akan berupaya mengadakan tes pra-musim di sirukuit Mandalika atau International Street Circuit pada periode tersebut.

Tes pra-musim ini sekaligus persiapan sirkuit Mandalika pada perhelatan MotoGP Maret 2022.

Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dukungan penuh atas agenda MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Menurut dia, keputusan tersebut sejalan dengan program percepatan vaksinasi yang masih berjalan. “Kami ingin menjamin keselamatan seluruh wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri,” katanya.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan Mandalika International Street Circuit atau sirkuit Mandalika menjadi salah satu tempat penyelenggaraan terpenting dalam kalender MotoGP.

Dia meyakini penggemar olahraga balapan ini akan datang berbondong-bondong dan MotoGP Mandalika menjadi momentum yang penting sepanjang musim depan. “Indonesia adalah pasar penting bagi Dorna Sports dan seluruh stakeholders kejuaraan MotoGP,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini