Momentum Idul Adha Bisa Dongkrak Ekonomi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Momentum Perayaan hari Idul Adha bisa jadi pendorong perekonomian di tanah air. Hal itu ditandai dengan adanya belanja kurban dari kalangan menengah atas.

Ekonom senior Hendri Saparini menilai kurban yang dilakukan kalangan menengah ke atas menjadi kunci untuk mendorong konsumsi masyarakat.

“Untuk itu, kepada masyarakat Indonesia yang punya kemampuan, seharusnya tidak menunda belanja kurban karena dampaknya sangat besar bagi ekonomi terutama dampak sosial yang luar biasa,” katanya, Rabu 23 Juni 2021.

Selama pandemi kata dia, sektor yang masih bertahan adalah pertanian secara luas, termasuk peternakan rakyat yang menyiapkan hewan kurban. Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS), disebutkan, jumlah orang yang bekerja di sektor pertanian pun mengalami peningkatan.

Meningkat lebih dari dua persen, artinya sektor di mana siapapun bisa masuk dan menciptakan lapangan kerja bagi mereka yang tidak berpendidikan.

“Maka jika kelompok menengah atas yang jumlahya sangat besar, yang saya yakin ada lebih dari 100 juta orang atau 40 juta keluarga, belanja hewan kurban, maka ini sangat membantu,” katanya.

Sebab, kambing sebagai hewan yang paling banyak digunakan untuk berkurban, itu diternak di domestik dan bukan didapatkan melalui impor. Sehingga dampaknya akan sangat besar bagi ekonomi, terutama bagi para peternak-peternak kecil.

“Kalau ada 29 juta yang bekerja di sektor pertanian, yang antara lain adalah peternakan, lalu di sisi lain ada belanja kurban saat Idul Adha, maka akan ada sinyal optimisme bahwa sebenarnya ekonomi kita ini tidak sedang berhenti,” katanya.

Dirinya menambahkan, bila semua orang melakukan belanja produk dalam negeri, terutama untuk saat ini adalah belanja hewan kurban, maka ini menjadi upaya untuk menahan agar ekonomi Indonesia tidak terpuruk.

Tentunya, sambil mencari kembali apa momentum yang bisa mendorong dan menyelamatkan ekonomi selama 2021 dari keterpurukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini