MINEWS.ID, BELITUNG  – Presiden Jokowi pasti segera bertemu tokoh Papua-Papua Barat untuk menyelesaikan masalah yang menimbulkan serangkaian kerusuhan anarkis belakangan ini.

“Karena pak Jokowi sangat dekat dengan teman-teman tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Papua. Jadi pasti akan bertemu,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Tanjung Pandan, Sabtu 31 Agustus 2019.

Apalagi kondisi Papua-Papua Barat sekarang dipastikan berangsung membaik setelah langkah-langkah taktis dilakukan Panglima TNI dan Kapolri.

Dia meminta semua pihak tidak terpancing emosi dan tetap menyikapi peristiwa yang timbul dengan kepala dingin.

Sikap emosional, dikhawatirkan hanya akan memunculkan persoalan baru. Hal tersebut adalah tujuan dalang kerusuhan sejati dan mengharapkan rusuh terus menerus di Papua-Papua Barat serta Indonesia.

Moeldoko menyebut ada keinginan dari sebagian masyarakat untuk melakukan tindakan yang lebih tegas lagi atas peristiwa tersebut.

Namun, sekali lagi dia mengharapkan semuanya tidak terpancing emosi sehingga memunculkan persoalan baru yang lebih besar dan hanya akan menghabiskan energi saja.

“Bagi TNI/Polri melakukan tindakan tegas tidak terlalu sulit. Tetapi yang cukup sulit adalah mengendalikan emosi agar semuanya tertata dengan baik,” kata Moeldoko.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here