Modus Baru Penyelundupan Sabu Terbongkar, Disembunyikan dalam Lampu LED

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda, Jawa Timur dan pihak kepolisian berhasil membongkar modus baru penyelundupan narkoba jenis sabu.

Kepala KPPBC Juanda Budi Harjanto berkata, barang haram itu kini mulai diselundupkan dengan cara, dimasukkan ke dalam kipas angin dan lampu LED.

“Banyak sekali modus penyelundupan narkoba sabu melalui Bandara Internasional Juanda, salah satunya adalah melalui lampu LED yang digunakan pelaku untuk mengelabui petugas,” kata Budi saat menjelaskan hasil tangkapan penyelundupan sabu, di Markas Polresta Sidoarjo, Kamis 14 Januari 2021.

“Mereka memasukkan sabu-sabu ke dalam aneka barang bawaan, seperti rice cooker, kemasan makan ringan, lampu dan lainnya,” ujarnya.

Budi menegaskan, pihaknya akan terus mencari cara-cara baru untuk mengungkap semua jenis modus penyelundupan sabu. Karena, jika barang tersebut lolos, masa depan generasi muda jadi taruhannya.

Sebelumnya, petugas gabungan menggagalkan upaya penyelundupan sabu sebanyak enam kilogram dan 100 pil ekstasi melalui Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Mereka terdiri dari petugas KPP Bea Cukai, Polresta Sidoarjo, Lanudal Juanda, dan Polisi Militer TNI AL di Juanda.

Kedua pelaku yang ditangkap, yakni H adalah warga Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, dan R warga Surabaya.

“Kedua tersangka menumpangi pesawat Air Asia nomor penerbangan QZ321 rute Kuala Lumpur-Surabaya, dan mereka akan mengirimkan narkoba ke Madura” ujar Kapolres Sidoarjo Kombes Sumardji.

Setiba di Bandara Internasional Juanda, kedua pelaku diperiksa tentang kepabeanan. Dalam pemeriksaan itu, petugas melihat barang bawaan kedua tersangka ada yang mencurigakan saat diperiksa mesin pemindai.

“Total barang bukti yang diamankan sebanyak enam kilogram narkoba jenis sabu-sabu dan 100 butir ekstasi. Barang bukti lain yaitu 3 pcs kipas angin gantung, 6 pcs lampu LED dan dua buah koper,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini