MATA INDONESIA, JAKARTA – Komunitas basket Manusia Basket Indonesia (MBI) bertekad menyebarkan ‘virus’ mencintai olahraga bola basket di Tanah Air. Basket adalah salah satu olahraga yang digemari di Indonesia selain sepak bola dan bulutangkis.

Di Indonesia sudah ada berbagai kompetisi bola basket, seperti DBL, Liga Mahasiswa (LIMA), Putri (Srikandi) serta kompetisi tertinggi putra yakni Indonesian Basketball League (IBL).

Kepopuleran olahraga ciptaan James Naismith ini semakin terdongkrak karena mulai banyaknya komunitas-komunitas basket yang ada, baik dari Sabang sampai Merauke.

Itulah yang membuat tokoh olahraga nasional, Ary Sudarsono, mendirikan komunitas basket Manusia Basket Indonesia (MBI) dengan visi dan misinya yaitu membentuk Manusia Indonesia yang hebat serta bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi keluarga, masyarakat dan bangsanya.

“Gagasan MBI tercetus pada Agustus 2020. Jauh sebelumnya dimulai dari postingan kangen-kangenan di media sosial dan saat saya main basket bertemu dengan orang-orang yang mungkin pernah melihat berbagai event di era saya. Mereka meminta saya untuk turun gunung lagi membawa “roh” basket hidup seperti dulu lagi,” ujar Ary, Minggu 28 Februari 2021.

“Sebenarnya perjuangan saya dulu untuk mempopulerkan basket ke seluruh Indonesia itu berdarah-darah, sampai jatuh sakit dan habis duit dari kocek pribadi. Tapi semua itu terbalaskan, orang-orang selalu mengingat dan memanggil saya dengan sebutan mr. showtime atau salam olahraga dan pecinta basket di Indonesia mengakui karya saya dalam mempopulerkan basket di Indonesia,” katanya.

Saat ini komunitas MBI sudah tersebar luas di 24 Provinsi dengan keanggotaan kurang lebih 2000 anggota. Meski hanya sebagai komunitas ataupun organisasi basket non profit, ke depan MBI ingin berkontribusi nyata bersama Perbasi untuk memajukan basket di Indonesia.

“Perlu dicatat, MBI bukan organisasi tandingan. MBI bersama-sama Perbasi sebagai induk organisasi basket Indonesia, berusaha untuk mencoba melahirkan manusia-manusia Indonesia yang punya kualitas dan dikagumi oleh Bangsanya sendiri. Kita perlihatkan kemasyarakat Indonesia, orang-orang yang hobby basket itu punya kualitas, karakter dan memiliki perilaku yang baik,” ungkap Ary.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here