Minyak Kelapa Murni Berkhasiat Cegah Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sambil menunggu giliran vaksin, menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah cara terbaik untuk mencegah tertular Covid-19.

Salah satu bahan herbal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah minyak kelapa murni. Seperti apa penggunaannya?

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) belakangan ini disebut sebagai salah satu makanan super karena beragam manfaat positifnya bagi kesehatan.

Terlebih ketika kepedulian masyarakat terhadap kesehatan makin meningkat di masa pandemi ini, permintaan VCO ikut meroket.

Penelitian menyebut, salah satu manfaat VCO adalah sebagai antikuman. Hal ini karena 50 persen penyusun VCO adalah asam laurat, asam lemak jenuh yang dengan mudah disintesis oleh tubuh.

Ketika tubuh mencerna asam ini akan terbentuk monolaurin. Baik asam laurat atau monolaurin dapat membunuh kuman berbahaya seperti bakteri, virus, dan jamur.

Tak heran jika VCO termasuk dalam daftar 14 komponen herbal yang dianggap sebagai imunomodulator atau meningkatkan daya tahan tubuh pada pasien Covid-19, bersama dengan ekstrak daun jambu biji, jamu purwarupa, hingga minyak atsiri daun eucalyptus.

Kelebihan lain dari minyak kelapa murni adalah aman untuk ibu hamil dan anak-anak. Sehingga dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Diketahui, Minyak kelapa murni adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara yang alami, tidak dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, apalagi mencampur zat-zat kimia.

Dengan cara tradisional, VCO bisa dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengambil santannya. Santan ini kemudian diproses lewat fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan mengeringkan kelapa tua segar dengan mesin khusus. Kelapa kering itu kemudian dimasukkan ke dalam mesin tekan untuk diambil minyak beningnya.

VCO Concos bisa diminum secara langsung, untuk memasak, atau dibuat dressing salad, karena memiliki warna yang jernih dan aromanya sangat lembut, tidak terasa di tenggorokan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini