Minyak Atsiri Hanjeli dan Jamblang Diklaim Jadi Obat Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbagai cara dilakukan untuk mencari obat untuk mencegah penyakit covid-19. Nah, terbaru dosen dari Universitas Negeri Medan (Unimed), Diky Setya Diningrat bersama dua rekannya mengklaim telah menemukan obat untuk mencegah infeksi Covid-19 dari minyak atsiri hanjeli.

Penelitian obat itu dilakukan bersama dua orang dosen lainnya yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

‎”Penelitian ini berawal dari upaya memberikan ide dan solusi untuk memecahkan banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19. Setelah dilakukan berbagai kajian di laboratorium dan observasi lainnya, ditemukan obat mencegah infeksi Covid-19 dari minyak atsiri hanjeli,” kata Diky, Kamis 20 Mei 2021.

Penemuan obat ini kata dia, sudah disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Diky menjelaskan, penemuan penelitian ini berupa minyak atsiri hanjeli yang diketahui berkemampuan sebagai antivirus dan jamblang sangat tinggi kandungan antioksidannya.

“Peneliti telah menganalisis isi kandungan senyawa bioaktif minyak atsiri hanjeli dan jamblang dalam aktivitasnya sebagai antivirus serta antioksidan untuk ACE inhibitor dengan pendekatan analisis metabolomik,” katanya.

Masih kata Diky, penelitian ini dilakukan lantaran gelisah melihat tingginya angka kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia. Bersama timnya mereka melakukan uji coba minyak atsiri hanjeli dan meneliti pencegahan tertular virus Covid-19 dengan menggunakan bahan alami.

Dia menilai obat-obatan penghambat ACE dipercaya oleh para dokter dapat menjadi solusi pencegahan Covid-19. Obat-obatan ACE Inhibitor adalah golongan obat yang menghambat kerja enzim angiotensin-converting enzyme, yakni enzim yang berperan dalam sistem renin-angiotensin tubuh yang mengatur volume ekstraseluler, dan vasokonstriksi arteri.

Menurutnya, temuan ini diharapkan mampu memberi masukan dan rekomendasi bagi pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Sehingga Covid-19 ini dapat segera berakhir di Indonesia. Setidaknya tidak akan ada lagi masyarakat Indonesia yang meninggal karena Covid-19,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini