Minta Maaf, Via Vallen Dianggap Plagiat Video Musik IU

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penyanyi Via Valen kembali ramai jadi perbincangan di dunia maya. Dirinya diduga melakukan plagiat terhadap video klip yang dinyanyikan penyanyi asal Korea Selatan IU. Dirinya meminta maaf kepada masyarakat atas kemiripan video tersebut.

“Untuk IU, fans IU dan terutama Vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan, aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang mirip banget sama MV nya IU,” kata Via Vallen dalam instagram story akun instagram resminya pada Sabtu 24 Oktober 2020.

Via Vallen mengaku kemiripan itu terjadi secara tidak sengaja. Ini sama sekali tidak ada unsur kesengajaan karena aku bukan penggemar K-POP secara umum, jadi tidak banyak tahu soal MV K-Pop,” kata Via Vallen yang mengaku hanya pernah melihat musik video Girl Band Korea Blackpink saja.

Menurut Via Vallen, bila tahu musik videonya mirip dengan video IU, ia pasti minta ganti konsep. “Kalau dari awal aku tahu bahwa MV ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100 persen bakalan minta ganti konsep,” katanya.

Sebelumnya, para penggemar aktris dan penyanyi Korea Selatan, IU, melaporkan video musik dari single terbaru Via Vallen ke Edam Entertainment, agensi artis bernama asli Lee Ji Eun itu.

Mereka memprotes plagiasi seratus persen dari konsep video musik Kasih Dengarkanlah Aku yang baru saja dirilis Via Vallen pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Laporan itu terlihat dari kolom komentar unggahan Via Vallen saat mempromosikan video musik single terbarunya bersama Dyrga Dadali di akun Instagramnya. “@edam.official video musik ini sama persis dengan video Above The Time – IU, tolong cek,” tulis @dwbblue dalam Bahasa Inggris.

Akun ini kemudian berusaha mengingatkan Via. “Permisi, ini adalah plagiarisme .. mvnya memiliki kemiripan yang sama persis dengan IU mv di atas waktu itu, mohon hormati tim IU dan produsernya, atau anda bisa mengklarifikasi sebelum Edam menuntut anda .. ini sangat tidak tahu malu .. silakan cek @edam.official. Terima kasih.”

Melihat derasnya kecaman, pihak produser, Ascadamusik menjelaskan di kolom komentar video musik Kasih Dengarkanlah Aku. Menurut mereka, manajemen hanya menerima seluruh konsep video yang ditawarkan sutradara.

“Hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami sama sekali tidak mengetahuinya, dan sedang meminta klarifikasi dari sutradara,” tulis mereka.

Ascadamusik juga membela Via Vallen dan Dyrga. “Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara,” demikian pembelaan di poin kedua. “Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini