Miliuner Rusia Ini Bisa Ciptakan Manusia Hidup Abadi, Berminat?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hampir semua orang di dunia menginginkan hidup abadi, namun rasanya itu tidak mungkin, Namun, seorang miliuner asal Rusia bernama Dmitry Itskov mengklaim tahu kuncinya dan meluncurkan proyek ambisius bernama 2045 Initiative untuk menciptakan manusia yang bisa hidup selamanya.

Proyek yang melibatkan ahli saraf, robotika dan pakar kesadaran manusia itu menargetkan hidup abadi bisa dicapai manusia dalam 30 tahun mendatang. Caranya dengan menciptakan robot yang dapat menyimpan kepribadian.

“Para ilmuwan menyebutnya sebagai upload atau transfer pikiran. Sedangkan saya lebih suka menyebutnya sebagai transfer kepribadian,” kata Dmitry yang dikutip dari Telegraph.

Ia dan timnya meyakini robot bisa menyimpan pikiran dan perasaan seseorang karena otak berfungsi dengan cara yang sama seperti komputer. Nantinya, versi digital dari pikiran akan di-upload ke robot yang meniru wujud manusia atau mungkin hologram.

Dmitry yang sekarang berusia 35 tahun mengatakan seratus persen yakin proyek ambisius ini bakal berhasil. Langkah pertama adalah dengan menciptakan robot yang bisa dikendalikan oleh pikiran manusia.

Banyak yang meragukan ambisi Dmitry akan jadi kenyataan, bahwa adalah tidak mungkin untuk melakukan hal semacam itu. Tapi ia jalan terus dan telah menghabiskan jutaan dolar demi kelangsungan proyeknya.

“Kita mungkin mengimplementasikan karakteristik seseorang dan beberapa pengalaman hidupnya ke robot android, dan android itu kemudian akan menjadi orang itu ketika ia meninggal. Maka jika kita mau, kita bisa hidup di masyarakat selamanya,” katanya.

Salah satu yang skeptis dengan Dmitry adalah Miguel Nicolelis, pakar otak manusia. “Sederhana saja, itu tidak bisa dilakukan. Ini adalah proyek buang-buang waktu dan uang,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini