Militan Palestina Luncurkan Roket ke Laut Mediterania, Ancaman untuk Israel?

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Sekelompok militan Palestina meluncurkan roket ke Laut Mediterania di lepas Jalur Gaza pada Selasa (29/12). Mereka mengatakan sebagai latihan bersama pertama, sementara media Israel menilainya sebagai ajang unjuk kekuatan yang diorganisir oleh Iran.

Gaza dijalankan oleh Hamas dan juga rumah bagi kelompok militan lainnya, termasuk Jihad Islam. Latihan itu diumumkan atas nama komando bersama yang dibentuk oleh kelompok tersebut pada 2018.

Sebanyak delapan roket meluncur menembus langit tak berawan di kota Gaza menuju Laut Mediterania. Juru bicara Jihad Islam, Abu Hamza menjelaskan bahwa latihan yang mencakup darat dan pesisir itu sebagai ujian kesiapan jika di masa depan terjadi konfrontasi dengan Israel.

Akan tetapi, rudal tersebut tidak memicu sirine apa pun di Israel, yang drone-nya selalu mengawasi kota Gaza dan menggunakan sistem intersepsi rudal yang canggih.

Melansir Reuters, Media Israel mengatakan bahwa latihan tersebut diselenggarakan oleh sponsor militan di Teheran untuk menunjukkan risiko yang akan dihadapi Israel jika Iran mendapat serangan Amerika Serikat di hari-hari terakhir kepemimpinan Presiden Donald Trump.

Pada malam saat latihan, poster besar komandan militer Iran, Jenderal Qassem Soleimani, yang tewas Januari dalam serangan AS di Irak, terpampang di sepanjang jalan pantai utama kota Gaza.

Sebagaimana diketahui, ketegangan antara Iran dan Israel meningkat sejak pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, 27 November. Iran menuduh Israel sebagai dalang di balik kematiannya, Israel sendiri tidak memberi bantahan pun membenarkan tudingan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini