Meski Digaji NASA Rp 200 Juta, Cewek Surabaya Ini Langsung Terima Tawaran Jokowi Kerja di BPPT, Alasannya Bikin Terharu

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi berhasil memikat seorang perempuan jenius keturunan China bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), padahal dia sudah bekerja di NASA dengan gaji Rp 200 juta per bulan. Perempuan 31 tahun bernama Audrey Yu Jian Hui itu menerima tawaran Jokowi karena sangat cinta Indonesia.

Audrey adalah kelahiran Surabaya. Dia pernah dipandang aneh oleh tetangganya di Surabaya karena kepintarannya hingga dianjurkan diperiksakan kondisi kejiwaannya.

Audrey menempuh pendidikan sekolah dasar hanya lima tahun, lalu SMP hanya diselesaikan dalam waktu setahun dan SMA lebih cepat lagi, hanya 11 bulan. Semua ditempuh di Surabaya.

Namun, Audrey seperti diungkap pemilik akun twitter @nithasist, tidak bisa meneruskan pendidikannya, sebab tidak ada universitas maupun perguruan tinggi di Indonesia yang menerima anak berusia 13 tahun seperti dirinya waktu itu.

Akhirnya dia memutuskan kuliah di AS tepatnya di Virginia. Audrey memang bukan mahasiswa kaleng-kaleng. Pendidikan sarjana strata 1 dan dua bisa diselesaikannya hanya dalam waktu tiga tahun.

Gilanya, usai memperoleh gelar sarjana dia tidak mau bekerja di perusahaan yang menggajinya besar. Audrey justru ingin menjadi tentara dan mendaftar ke TNI, tetapi tidak bisa diterima meskipun memiliki gelar berderet.

Waktu itu alasannya belum cukup umur karena Audrey belum 17 tahun. Namun, kegagalannya itu tidak membuat putus asa. Audrey justru rajin menulis buku tentang Indonesia dan selalu menjadi best seller dunia. Bukunya yang terkenal berjudul, “Indonesia Tanah Airku,” “Aku Cinta Indonesiaku.”

Gagal menjadi tentara Indonesia, Audrey pun mengambil program doktoral di Paris. Dia mengambil dua bidang yang berbeda sama sekali yaitu fisika dan Bahasa. Keduanya berhasil dia selesaikan pada usia 25 tahun.

Dengan kecerdasannya itu, Audrey langsung diterima bekerja di Badan Antariksa Amerika (NASA). Gaji yang diterimanya Rp 200 juta per bulan.

Saat KTT G-20 di Osaka Jepang, kemarin, Audrey bertemu Presiden Jokowi. Dia ditawari bekerja di BPPT tentu dengan gaji yang jauh lebih kecil dari NASA. Saat itu usianya sudah 31 tahun.

Tetapi apa jadinya. Dia menerima tawaran Jokowi itu dengan antusias tanpa memikirkan besaran gaji. Dia hanya bilang, “Indonesia Love You. Aku datang untuk mengabdi padamu … .” 😭 Terharu.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini