Meski Ada Corona, Arab Saudi Kembali Buka Ibadah Umrah Mulai 4 Oktober
Ilustrasi Ibadah Umrah di tanah suci

MATA INDONESIA, RIYADH – Meski wabah pandemi corona masih melanda dunia, Arab Saudi tetap bersikukuh membuka kegiatan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 mendatang. Kabar ini disampaikan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri Arab pada Selasa 22 September 2020.

Kementerian menyatakan keputusan untuk melanjutkan umrah dilakukan sebagai tanggapan atas aspirasi umat Islam di dalam dan luar negeri.

Pembukaan tersebut rencananya dilakukan secara bertahap. “6.000 warga dan penduduk di kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umrah mulai 4 Oktober,” demikian informasi dari kementerian, Rabu, 23 September 2020, melansir Arabnews.

Sementara itu, untuk pengunjung dari luar kerajaan rencananya diizinkan mulai 1 November, ketika kapasitas umrah ditingkatkan menjadi 20 ribu jamaah per hari.

Sebelumnya Arab Saudi sempat menutup akses umrah pada Maret dan mengurangi kuota haji tahunan. Kebijakan itu ditempuh demi menghentikan penyebarluasan corona di kota paling suci bagi umat Islam tersebut.

Maklum, kegiatan ibadah umrah biasanya melibatkan jumlah orang dan kerumunan orang besar. Kerumunan tersebut berpotensi menimbulkan desakan sehingga membuat mereka rentan terhadap penularan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here