Mercedes Seri S Memang Mobil Andalan Pemimpin Dunia, Ini Buktinya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Akhirnya Istana Negara mengisyaratkan mengganti mobil dinas kepresidenan dengan alasan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang melayani sejak era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sering rusak. Selain Mercedes, saat ini BMW juga gencar menawarkan mobil kepresiden ke Istana.

Sebagai awam kita bertanya-tanya mana yang lebih baik memberi keamanan maksimal untuk presiden dari kedua merek mobil tersebut?

Semua memang dikembalikan lagi kepada masing-masing pengguna, namun jika melihat populasinya, tampaknya mercedes benz terutama seri S jauh lebih digemari pemimpin dunia.

Setidaknya hal tersebut terungkap dari hasil survei laman www.titlemax.com terhadap kendaraan dinas 45 pemimpin negara dunia.

Dari jumlah itu ternyata 14 negara memilih merek Mercedes untuk kendaraan dinas pemimpinnya, termasuk Presiden Rusia dan Korea Utara. Sedangkan mereka yang memilih BMW seri terbaiknya yaitu seri 7 hanya 3 negara.

Kendaraan dinas Vladimir Putin misalnya menggunakan seri-S limosin dengan kode “Kortezh” yang digunakan sejak 2017 dan akan berakhir tahun depan.

Sedangkan mobil dinas resmi Kim Jong Un adalah Mercedes-Benz 600 Landaulet buatan akhir tahun 1960 -an. Namun saat Pertemuan Dua Korea tahun lalu, Un tampak menggunakan limosin seri S 600 Pullman Guard, sayang pihak Mercedes mengaku tidak tahu menahu dari mana Un bisa memperoleh mobil itu.

Indonesia sejak pertengahan Pemerintah Soeharto juga selalu menggunakan Mercedes seri S untuk mobil kepresidenan.

Saat ini bahkan Istana memiliki delapan Seri S 600 Pullman Guard untuk cadangan. Namun, rencananya akan memensiunkan dua yang sering mogok dan menambah empat mobil kepresidenan yang baru sehingga semuanya berjumlah 10 buah.

Harga satu unit mobil presiden bisa bervariasi tergantung asesorisnya dibenamkan di kendaraan itu. Namun, harga dasarnya sekitar Rp 7 miliar.

Seperti dilansir situs The Journal, Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S600 Pullman Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini