Merapi Masih Semburkan Awan Panas Sejauh Dua Kilometer

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aktivitas Gunung Merapi masih terjadi erupsi menyemburkan awan panas yang diberinama wedhus gembel, Kamis 28 Januari 2021 sepanjang pagi ini dan meluncur hingga dua kilometer.

Dalam laporannya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan gunung paling aktif di Pulau Jawa tersebut sudah menyemburkan awan panas sejak pukul 05.57 WIB.

Pada saat itu, pos pengamatan Gunung Merapi tidak bisa melihat aktivitas gunung tersebut karena selalu tertutup kabut tebal.

Baru pada sekitar pukul 10.13 WIB aktivitas gunung tersebut terlihat jelas menyemburkan awan panas yang meluncur hingga 2 kilometer ke arah barat daya yaitu hulu Kali Krasak dan Kali Boyong.

Rabu, 27 Januari 2021 bahkan sirine tanda bahaya di Desa Ngrangkah, Glagaharjo di lereng Gunung Merapi dibunyikan karena wedhus gembel terlihat menyembur bergulung-gulung dari puncaknya.

Warga lereng gunung tersebut berhamburan keluar rumah masing-masing menyelematkan diri menuju pengungsian.

Kini kota-kota yang berdekatan dengan gunung tersebut mengalami hujan abu vulkanik seperti Kecamatan Tamansari maupun Kota Boyolali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini