Merapi Erupsi, BNPB: Hindari Radius 5 Kilometer

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berupaya maksimal dalam peningkatan kesiapsiagaan pemda maupun masyarakat dalam mengantisipasi dampak meletusnya Gunung Merapi.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan berkata, masyarakat harus ikut imbauan pihak berwenang, agar menghindari radius 5 kilometer dari puncak Merapi.

“Sesuai rekomendasi BPPTKG, sementara jangan beraktivitas di radius 5 kilometer. Kita imbau untuk sementara untuk tidak beraktivitas dulu untuk keselamatan masyarakat,” kata Lilik, saat meninjau tempat pengungsian di Desa Balerante, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu 14 November 2020.

Seperti diketahui, gunung yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah ini dinaikkan statusnya menjadi level III atau Siaga pada 5 November 2020 lalu.

Lilik juga mengingatkan, agar masyarakat dapat terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama di pengungsian.

“Tujuan kami adalah memastikan semuanya berjalan dengan baik sehingga tujuan kita zero victim, apabila terjadi erupsi pada waktu mendatang,” ujar Lilik.

Lebih lanjut, Lilik menegaskan, bahwa Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) adalah sumber informasi utama dan tunggal yang dapat dipercaya terkait kondisi Merapi. Sehingga masyarakat wajib mengikuti semua rekomendasi yang dikeluarkan BPPTKG.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini