Menyoal Label Teroris kepada KSP, Indonesia Dinilai Harus Punya Lobi Internasional yang Kuat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Label teroris yang disematkan kepada kelompok separatis Papua (KSP) dinilai harus diperkuat juga dengan lobi-lobi internasional. Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia Islah Bahrawi menegaskan bahwa hal ini dilakukan untuk memperkuat posisi Indonesia di tengah tekanan dunia internasional karena isu Papua.

“Kalau saya pribadi sangat setuju dengan penetapan teroris pada KKB tapi harus punya strategi mapan secara internasional,” kata Islah kepada Mata Indonesia News, Selasa 4 Mei 2021.

Islah juga menekankan supaya pelabelan teroris terhadap KSP dan orang-orang yang mendukungnya harus dipertegas. Mengingat, masih ada aktivis-aktivis yang terafiliasi dengan luar negeri dan mendukung Papua untuk merdeka.

“Karena penetapan teroris, semua pelarian aktivitas yang terhubung dengan KKB ini tidak boleh diberikan suaka politik karena seperti Benny Wenda di Inggris, Veronica Koman ini kan sedang mencari suaka politik,” kata Islah.

Sementara menurut Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua Ali Kabiay, aksi propaganda yang dilakukan oleh KSP bertujuan untuk menarik perhatian internasional.

“Caranya dengan propaganda pembunuhan, membunuh warga sipil lalu menuduh aparat keamanan sebagai pelaku utamanya, hal ini bertujuan untuk menarik simpati publik dan masyarakat internasional,” kata Ali.

Ia menilai bahwa pola-pola yang dilakukan oleh KSP ini mirip dengan kelompok teroris di seluruh dunia, misalnya kelompok teroris Boko Haram di Nigeria.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini