Menunda Periode Menstruasi Tanpa Pil? Bisa Kok!

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Liburan, acara khusus, alasan medis, ibadah umrah, atau hal lainnya, ada banyak waktu dalam hidup seorang perempuan yang tidak ingin siklus menstruasinya merusak rencananya.

Bahkan jika siklus menstruasi Anda berjalan seperti jarum jam dan Anda merupakan salah satu yang beruntung, kemungkinan besar, siklus menstruasi tidak selalu berjalan sesuai rencana Anda. Mulai dari kram, perubahan suasana hati hingga begitu mudah emosi, mengalami menstruasi bisa jadi sangat tidak nyaman, terutama ketika Anda memiliki rencana penting.

Tak jarang, sebagian perempuan berharap dapat menunda periode menstruasinya. Yang kemudian menjadi pertanyaan besar adalah, apakah ada cara untuk benar-benar menunda menstruasi?

Secara medis, ada pil yang dapat membantu menunda aliran hormon dan bekerja untuk menunda periode menstruasi Anda. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, ada beberapa cara bagi perempuan untuk menunda haid sementara waktu atau bahkan jangka panjang.

Akan tetapi, memilih pil hormonal sintetis atau obat-obatan mungkin tidak cocok untuk sebagian perempuan. Anda akan terkejut mengetahui bahwa ada beberapa cara alami dan non medis untuk menunda menstruasi Anda.

Melansir Times of India, berikut beberapa tumbuhan dan obat alami yang dapat menunda menstruasi Anda.

Cuka sari apel (ACV)

ACV dikenal untuk mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan berat badan, ada beberapa kepercayaan lama yang menyatakan bahwa ada manfaat lain dari minuman sederhana ini, yakni menunda menstruasi.

Faktanya banyak peneliti telah menemukan bahwa kandungan yang sangat asam dalam larutan ACV dapat membantu menunda menstruasi hingga batas tertentu, tetapi belum ada bukti yang dapat dipercaya untuk mendukungnya.

Cukup mencampurkan satu sendok makan ACV dalam air hangat, dan lakukan secara teratur selama 10-12 hari sebelum tanggal yang Anda harapkan. Meminum air dengan campuran ACV juga dapat mengatasi kembung dan kram yang membuat mentruasi Anda tidak nyaman.

Gram Lentil

Gram lentil atau kacang lentil juga berguna untuk menunda menstruasi Anda. Ada bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan lentil goring bubuk dapat menunda siklus haid. Namun, jangan mengkonsumsi berlebihan ya, sebab terlalu banyak mengonsumsi gram lentil dapat menyebabkan masalah pencernaan dan perut kembung.

Gelatin

Konsumsi gelatin mungkin disarankan sebagai obat darurat. Sebuah pengobatan Cina kuno, beberapa percaya bahwa gelatin yang dilarutkan dalam air hangat dapat menunda periode, setidaknya beberapa jam. Untuk menggunakannya, Anda hanya butuh beberapa sendok bubuk gelatin dan dicampur dalam secangkir air hangat.

Jus jeruk nipis

Sementara jus jeruk nipis dipuji karena khasiatnya yang kaya akan vitamin c, ekstrak jeruk yang sama juga bermanfaat untuk menunda menstruasi, seperti halnya sari cuka apel. Selain itu, jus jeruk nipis juga dapat meredakan komplikasi, meredakan komplikasi PMS, dan melancarkan aliran darah.

Akan tetapi perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebihan sifatnya tidak baik. Begitu pun dengan jus jeruk nipis yang bila terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan kerusakan pada gusi dan gigi, bahkan mengiritasi perut Anda.

Biji mustard

Rempah-rempah yang sering digunakan dalam berbagai masakan ini ternyata dapat digunakan untuk menunda menstruasi lho! Merendam satu sendok biji mustard dalam air atau susu semalaman dan meminumnya sepekan sebelum periode menstruasi Anda terbukti dapat membantu.

Lantas adakah cara alami untuk menunda menstruasi? Selain makanan, ada juga beberapa metode alami lainnya. Latihan dan pijat merupakan pilihan lain untuk Anda yang ingin menunda mentruasi.

Ada banyak atlet sering melewatkan menstruasi karena pola latihan yang ekstrem yang harus mereka jalani. Tetapi, ada juga bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa olahraga dapat mengatur, alih-alih menunda waktu menstruasi Anda.

Pijat Rahim juga dapat menjadi alternatif lain untuk dipertimbangkan. Alangkah baiknya bila pijat ini dilakukan oleh profesional, selain dapat menunda menstruasi, Anda juga dapat merasakan ketenangan dan rileksasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini