Menteri BUMN Ungkap Alasan Indonesia Beli Vaksin dari Cina

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Banyak masyarakat bertanya-tanya alasan kenapa pemerintah membeli vaksin Sinovac dari Cina. Hal itu di jawab langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Menurutnya, pemerintah tidak asal pilih vaksin, semua itu sudah dipikirkan secara matang sebelumnya.

Menurut Erick, pemerintah sebelumnya telah mengontak produsen vaksin dari Eropa dan Amerika Serikat. Namun, respon vaksin dari kedua wilayah tersebut sangat lambat.

Sehingga, Indonesia lebih memilih vaksin corona asal Cina yaitu Sinovac untuk program vaksinasi di dalam negeri.

“Nah kenapa dua negara tujuan saat itu UAE dan Cina, karena memang sejak awal ketika kita mengontak pembuat vaksin dari Eropa dan Amerika, responnya sangat rendah,” ujar Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR yang ditulis, Kamis 21 Januari 2021.

Tak hanya itu, ia mengatakan hubungan dagang antara Indonesia-Cina juga jadi alasan pemerintah memilih vaksin Sinovac dari Cina.

Ia menjelaskan, hubungan dagang keduanya telah berjalan dengan lancar baik ekspor maupun impor.

Dari alasan itulah, Erick langsung menugaskan, BUMN-nya yaitu PT Bio Farma (Persero) untuk melakukan penjajakan dengan Sinovac terkait pasokan vaksin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menambahkan, perseroan akan mendapatkan 140 juta dosis bahan baku vaksin dari Sinovac.

Hingga saat ini, pihaknya telah mendapatkan pasokan vaksin sebanyak tiga juta dosis vaksin dalam bentuk jadi.

“Kemudian kita juga ada kontrak dengan novavax 50 juta dosis tapi ada opsi 80 juta dosis ini juga bergantung ada opsi yang bisa kita eksekusi tapi subjek to berapa tootal supply yang bisa iita dapat dari covax/gavi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini