Menteri Agama era Gus Dur, Tholhah Hasan Meninggal Dunia Hari Ini

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Melalui akun twitternya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan bela sungkawa. Ucapan itu ditujukan kepada seniornya, menteri agama era Pemerintahan Gus Dur, M. Tholhah Hasan.

“Belasungkawa atas kepulangan Kiai M. Tholhah Hasan. Beliau adalah sosok yang amat baik.Lahu al-faatihah..,” begitu pernyataan Lukman, Rabu 29 Mei 2019.

Menurutnya, Tholhah meninggal dunia pada pukul 14.00 WIB di Malang Jawa Timur. Almarhum lahir di Tuban, Jawa Timur, 10 Oktober 1938. Setelah belajar di Pesantren Tebuireng Jombang selama lebih dari 6 tahun, dia melanjutkan kuliah di Fakultas Sosial Politik Universitas Merdeka Malang yang berhasil diselesaikan Pada tahun 1966.

Setelah itu dia melanjutkan studinya di Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan Universitas Brawijaya Malang dan lulus tahun 1973. Pada 2005 almarhum memperoleh gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2005.

Di lembaga pemerintah, ia pernah menjabat sebagai Badan Pemerintah Harian (BPH) Kabupaten Malang (1967-1973) dan terakhir ia menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia (1999-2001).

Dalam bidang pendidikan, dia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Malang (1989-1998). Dia juga telah dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Islam atas SK Mendiknas (2006).

Menjelang wafat Tholhah produktif menulis karya ilmiah. Sekitar 10 buku karyanya ditebitkan.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini