Sedang Dirancang, PCR Khusus untuk Lacak Virus Corona Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Inovasi alat-alat kesehatan dan pelacak Covid-19 terus dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (Kemenristek/BRIN).

Salah satunya mengembangkan alat test PCR khusus untuk melacak mutasi virus corona SARS-CoV-2.

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan whole genome sequencing (WGS) untuk menguji molekular yang lebih luas untuk berbagai varian Virus Corona penyebab Covid-19 yang beredar di Indonesia.

Namun, untuk melacak mutasi virus D614G yang sekarang sudah beredar di Indonesia, Kemenristek sudah mengembangkan alat tes PCR khusus.

“Ini sudah digunakan di Surabaya dan Jawa Timur secara umum,” kata Bambang, Kamis 28 Januari 2021.

Bambang mengatakan alat tes PCR khusus untuk analisis mutasi virus sudah dilakukan di Universitas Airlangga. Jawa Timur menjadi pilihan lantaran sempat terjadi lonjakan kasus dan memiliki angka kematian akibat Covid-19 yang konstan tinggi.

Selama 2020, melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 sebagai perwujudan triple helix antara Pemerintah, Peneliti dan Industri, Kemenristek/BRIN telah menghasilkan lebih dari 61 produk inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19.

Upaya 4T (Testing, Tracing, Tracking dan Treatment) dilakukan baik dalam bidang pencegahan, skrining dan diagnosis, obat dan terapi, maupun alat kesehatan dan pendukung.

Produk-produk inovasi tersebut terus disempurnakan dan beberapa telah digunakan oleh masyarakat, seperti Ventilator, Mobile Lab BSL-2: Laboratorium berjalan untuk pengujian sampel covid-19, Rapid Test Kit, GeNose C19: alat skrining cepat melalui hembusan napas, dan lain sebagainya.

Produk inovasi ini juga terus dikembangkan secara sistematis agar terintegrasi satu sama lain.

Hasil tes dari alat skrining yang berbasis antigen seperti CePAD dan RT Lamp juga dapat dikombinasikan dengan wearable device berbentuk gelang yang terhubung dengan internet untuk memantau kepatuhan mobilitas pengguna dengan hasil positif.

Data hasil tes yang tersimpan juga dapat dimasukkan dalam aplikasi Health Pass atau paspor kesehatan untuk Covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini