Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal membenci produk luar negeri dan mencintai produk dalam negeri, langsung disikapi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya, ajakan itu semata-mata untuk mendukung sejumlah program dalam pemulihan ekonomi nasional seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI). Hak itu juga kata dia merupakan strategi provokatif dan substantif. Beberapa negara pun telah melakukan hal yang sama seperti Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan Cina.

“Saya melihat dari sisi positifnya, pernyataan Pak Jokowi itu cukup tegas dengan narasi yang tegas juga, sekaligus strategis, provokatif, dan substantif,” kata Sandiaga, Senin 8 Maret 2021.

Dia menceritakan saat dirinya masih anak-anak, mainan dari Eropa dan Amerika dinilai sebagai produk terbaik dengan kualitas unggulan. Sebaliknya mainan anak dari Taiwan kerap dianggap kurang berkualitas dan menjiplak mainan dari Amerika dan Eropa.

Meski begitu, Taiwan tetap meningkatkan kualitas produksinya. Hingga kini, Taiwan telah menjadi pemasok beragam produk teknologi dari ponsel sampai komputer ke seluruh dunia.

Untuk itu dia menilai pernyataan Jokowi untuk mencintai produk dalam negeri harus disikapi dengan positif. Sandi meyakini produk dalam negeri bisa menggantikan kegemaran orang yang menyukai produk impor.

“Saya justru melihatnya positif, dan saya tidak perlu malu, kita tidak perlu saling bertentangan, kita tidak perlu saling akhirnya terpecah belah,” katanya.

Alasannya, kualitas produk buatan anak negeri tak kalah saing dengan produk luar. Terutama di bidang ekonomi kreatif mulai dari, kuliner, fesyen sampai produk-produk animasi, film dan musik yang dinilainya saat ini sangat bersaing.

Dia pun mengingatkan agar semua pihak mendukung transformasi. Lewat hal paling sederhana dengan mencintai produk dalam negeri. “Transformasi ini harus kita support dan kami dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan all out untuk mendukung ajakan, wake up call dari Bapak Presiden,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here