MenPAN RB: Tahun 2024, 118.000 PNS Pindah ke Ibu Kota Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebanyak 118.000 aparatur sipil negara (ASN) atau PNS bakal dipindah ke ibu kota negara (OKN) tahun 2024. Mereka aka ditempatkan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Hal itu diungkapkan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

“PNS yang akan pindah ke ibu kota baru tidak mendekati usia pensiun. Usianya 45 tahun sampai 2023. Nanti dicek dulu,” kata Tjahjo di gedung DPR RI, Jakarta, Senin 20 Januari 2020.

Meski pemindahan seluruh ASN pusat ke ibu kota baru terlaksana 2024, Tjahjo mengaku pihaknya sudah menyediakan roadmap pemindahan. Nantinya yang diprioritaskan adalah abdi negara yang dalam waktu dekat tidak masuk usia pensiun.

Dia pun mengaku akan memberikan tawaran kepada setiap ASN mau atau tidak untuk pindah ke ibu kota baru. Tawaran tersebut agar pemerintah bisa menyiapkan skema yang bisa mengakomodir.

Pasalnya, menurut Tjahjo, pada tahun 2024 seluruh pemerintah pusat sudah pindah ke ibu kota negara, sehingga kantor-kantor yang berada di DKI Jakarta pun sudah tidak memberikan pelayanan.

“secara prinsip PNS ditugaskan ya harus siap, tapi kan ada pertimbangannya ada istrinya kerja atau apa atau apa,” katanya.

Dia pun mengaku bahwa pemindahan ASN akan dilakukan secara serentak pada tahun 2024. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Jokowi bilang, seluruh PNS pusat akan pindah ke Kaltim karena empat tahun ke depan pembangunan kluster pemerintah sudah selesai. “Pindah semuanya langsung,” kata Jokowi.

Dirinya pun sudah memerintahkan kepada Kementerian PAN-RB untuk mendata seluruh PNS yang saat ini berada di DKI Jakarta. “Itu sudah kita perintahkan kepada Menpan untuk menyurvei dulu kira-kira yang ingin nggak pindah berapa persen,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini