MenPAN-RB: 800 Ribu PNS Siap Pindah ke Ibu Kota Baru

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-800 ribu pegawai negeri sipil (PNS) bakal dipindah ke ibu kota negara baru yang direncanakan di Kalimantan. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin.

“Angka itu sudah mencakup seluruh Kementerian/Lembaga (K/L). Data sudah ada mereka tingga pindah saja,” ujarnya.

Ia memastikan tidak akan ada ASN yang menolak perintah negara jika memang mereka harus pindah kerja ke ibu kota baru. Namun, ia tak menjawab secara lugas apakah ASN yang enggan pindah nantinya akan dikenakan sanksi.

Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan jumlah ASN yang dipindahkan ke ibu kota baru kemungkinan hanya sekitar 600 ribu orang. Sementara, sisanya tetap bertugas di DKI Jakarta.

“Yang dipindah adalah yang tidak ada hubungannya dengan pelayanan publik. Yang berhubungan dengan pelayanan publik tidak bisa pindah,” katanya.

Menurutnya, jumlah ASN yang bertugas di pemerintah pusat sebanyak 30 persen dari total 4,3 juta orang. Ini artinya, total ASN di DKI Jakarta sekarang berjumlah sekitar 1,29 juta orang.

Presiden Jokowi ingin memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Untuk itu, ia mengajukan izin ke DPR, MPR dan masyarakat pada Pidato Tahunan Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-74 pekan lalu.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini