Menkes: Saat Ini Tercatat Ada 9 Calon Haji Indonesia Meninggal di Arab Saudi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sembilan jemaah calon haji asal Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi saat pelaksanaan ibadah haji 2019. Enam orang diantaranya meninggal di pesawat dan tiga lainnya meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi. Hal itu disampaikan oleh Menkes Nila Djuwita F Moeloek, Senin 22 Juli 2019.

Meski ada yang meninggal, kata Nila, secara umum kondisi calon haji asal Indonesia di Arab Saudi cukup bagus. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk memberikan pelayanan ke jemaah calon haji tanah air.

Kementerian Kesehatan, lanjut Nila, juga menerjunkan tim gerak cepat untuk membantu jemaah calon haji asal Indonesia yang kesulitan di Arab Saudi. Tugas tim gerak cepat, kata Nila, hanyalah memberikan pertolongan pertama. Jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut, maka jamaah tersebut akan dirujuk ke RS di sana.

Pada tahun ini, Indonesia kebagian kuota haji sebesar 221 ribu, terdiri atas 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jemaah.

Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini