Menhan Jepang Berharap Biden Akan Meningkatkan Dukungan terhadap Taiwan

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Menteri Pertahanan Jepang, Yasuhide Nakayama berharap Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden meningkatkan dukungan terhadap Taiwan dalam menghadapi Cina yang agresif. Ia juga mengatakan, Taiwan berada dalam garis merah ka8ena Cina terus melancarkan serangan ke pulau itu.

“Saya khawatir Cina akan memperluas sikap agresifnya ke wilayahh lain selain Hong Kong. Saya juga khawatir, target berikutnya seperti yang dikhawatirkan semua orang, adalah Taiwan,” ucap Menteri Pertahanan Jepang, Yasuhide Nakayama melansir Reuters.

Dalam sebuah wawancara, sang menteri mendesak Biden mengambil sikap yang sama terkait Taiwan seperti yang selama ini dilakukan oleh Presiden Donald Trump, yang secara signifikan meningkatkan kerjasama militer.

Sementara keterlibatan Jepang dengan Taiwan berkembang dalam beberapa tahun terakhir pada basis non-pemerintah. Tokyo tetap mempertahankan kebijakan one Cina Policy atau satu Cina dengan hati-hati. Hal ini demi menyeimbangkan hubungannya dengan raksasa tetangga Cina dan sekutu militernya, Amerika Serikat.

Negeri Sakura juga berbagi kepentingan strategis dengan Taiwan yang terletak di jalur laut yang banyak dilalui pasokan energy dan arus perdagangan Jepang.

“Sejauh ini, saya belum melihat kebijakan yang jelas atau pengumuman mengenai Taiwan dari Joe Biden. Saya ingin mendengar secepatnya, kemudian kita dapat mempersiapkan tanggapan kita di Taiwan sesuai dengan itu,” sambungy Nakayama.

Biden sendiri selama kampanye kepresidenan selalu menyerukan penguatan hubungan dengan Taiwan dan negara demokrasi yang memiliki paham sejalan. Sementara seorang pejabat di tim transisi Biden mengatakan bahwa presiden terpilih percaya dukungan AS untuk Taiwan harus tetap kuat, berprinsip, dan bipartisan.

Beijing murka dengan meningkatknya dukungan AS terhadap Taiwan, termasuk penjualan senjata dan kunjungan pejabat senior AS ke Taiwan, yang kian memperuncing hubungan Cina – AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini