Menhan Israel Kunjungi AS untuk Pastikan Dana 1 Miliar USD

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz akan melakukan kunjungan ke Washington untuk memastikan komitmen Amerika Serikat (AS) terkait dana bantuan.

Sebagaimana diketahui, AS berencana memberikan kucuran dana bantuan ekstra kepada Israel untuk menyediakan kembali rudal pertahanan Iron Dome pasca-bentrokan dengan milisi Palestina, Hamas pada bulan lalu.

Iron Dome adalah sebuah sistem pertahanan rudal canggih yang menghantam dari lebih dari 4 ribu roket yang ditembakkan militan Hamas ke Israel bulan lalu. Fondasi pertahanan militer Israel dalam perang melawan Hamas ini diperkenalkan tahun 2011.

Serangan antara Israel dan Hamas tersebut berlangsung selama 11 hari dan menelan korban sebanyak 254 jiwa dari pihak Palestina dan menewaskan 12 orang dari Israel. Pertempuran di Jalur Gaza tersebut berakhir usai kedua pihak sepakat melakukan gencatan senjata yang dimediasi Mesir.

“Selama konflik, kami melihat sistem Iron Dome, yang dikembangkan bersama oleh negara kami, menyelamatkan nyawa warga sipil tak berdosa yang tak terhitung jumlahnya,” kata penjabat Asisten Menteri Luar Negeri Joey Hood mengatakan kepada Israel Policy Forum, sebuah kelompok penelitian yang berbasis di New York, melansir English al Arabiya, Jumat, 4 Juni 2021.

“Presiden Joe Biden jelas tentang dukungan pemerintahan ini untuk mengisi kembali sistem ini untuk mendukung kemampuan Israel untuk mempertahankan diri di masa depan,” sambungnya Hood.

Senator Partai Republik, Lindsey Graham mengunjungi Israel pada akhir pekan lalu untuk menunjukkan dukungannya pasca perang 11 hari antara Israel kontra Hamas. Dana sebesar 1 miliar USD kabarnya akan dikucurkan AS untuk Iron Dome, termasuk untuk mengisi kembali sistem rudal intersepsi.

Perang di Jalur Gaza pecah pada 10 Mei setelah Hamas menembakkan roket ke wilayah Yerusalem sebagai bentuk dukungan atas protes yang dilakukan warga Palestina terhadap polisi Israel yang bertindak represif selama bulan Suci Ramadan dan menggusur puluhan rumah keluarga Palestina oleh Israel.

AS di bawah pemerintahan Biden telah menekankan dukungan AS untuk pertahanan Israel dan mengutuk serangan Hamas, sambil mendesak kedua belah pihak untuk menghindari tindakan saling serang.

Pada kunjungan kali ini, Gantz direncanakan akan bertemu dengan Menteri Pertahanan AS, Llyod Austin dan Menteri Luar Negeri, Antony Blinken.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini