Mengenang Steve Jobs, Sang Maestro Apple yang Wariskan Karya-karya Kelas Dunia

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini, genap 8 tahun meninggalnya Steve Jobs. Salah satu pendiri Apple ini tutup usia pada 5 Oktober 2011 silam akibat kanker pankreas.

Namun, banyak orang tetap mengenangnya sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan teknologi informasi dunia.

Ia banyak menelurkan karya-karya ikonik bagi brand Apple. Berikut ini sejumlah warisan dan disebut sebagai karya terbaik yang dirancang oleh Jobs.

1. Apple II (1977)
Apple II dirilis tahun 1977, selang 12 bulan setelah komputer Apple pertama, Apple I diluncurkan. Salah satu komputer personal pertama yang sukses, Apple II dirancang sebagai produk massal untuk pasar ketimbang untuk insinyur.

Penjualan Apple II laris manis pada tahun 1979 dan menghasilkan 79 jut dolar AS. Beberapa peningkatan dilakukan dan lini produk ini terus berlangsung hingga 1993.

2. Macintosh (1984)
Lebih murah dan lebih cepat dari produk PC sebelumnya, Macintosh dirilis pada Januari 1984. Macintosh memiliki antarmuka grafis. Banyak orang kemudian tertarik dengan antarmuka grafis ini, yang berguna untuk kebutuhan desain.


Sistem antarmuka grafis ini sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal. Macintosh diperkenalkan lewat sebuah iklan Super Bowl yang menghabiskan jutaan dolar ketika itu.

3. iMac (1998)
Ketika Jobs kembali ke Apple pada tahun 1996, perusahaan ini sedang terpuruk, pangsa pasar komputer personal merosot tajam. Ia pun menciptakan iMac dan produk ini dikenal sebagai cara radikal untuk membalik keadaan itu.


Orang menganggap iMac adalah varian radikal dari Macintosh yang diluncurkan 14 tahun yang lalu. iMac tidak menyediakan floppy drive. Karya Jobs ini membuka kemungkinan imajinasi bagi pemanfaatan internet.

4. iPod (2001)
Ini menjadi babak baru bagi Apple. Dari hanya sekadar perusahaan komputer, iPod menandai kemunculan Apple menjadi korporasi digital raksasa yang masuk ke pasar. Meski bukan pemutar musik digital pertama dengan hard drive, iPod menjadi perangkat musik yang mudah dibawa kemana-mana.


Diluncurkan tepat satu dekade yang lalu, iPod kemudian memicu revolusi dalam musik digital. iPod generasi pertama adalah sebuah pemutar MP3 yang memuat 1.000 lagu dengan kekuatan baterai 10 jam. iPod selanjutnya membuka jalan untuk toko musik iTunes dan iPhone.

5. iTunes Music Store (2003)
Sebelum iTunes diluncurkan, tidak ada yang mampu meyakinkan para eksekutif label musik bahwa orang bisa membayar lagu secara online. Mereka mengkhawatirkan pembajakan.


Diluncurkan pada saat versi baru Macintosh baru, iTunes menyediakan semua program musik digital dalam satu toko.iTunes membawa sekaligus pemutar MP3,radio internet dan CD writing. Ini adalah awal dari revolusi Apple Cloud. iTunes Store menjadi peritel musik terbesar di Amerika pada 2008.

6. iPhone (2007)
Kurang dari lima tahun setelah iPod diluncurkan, Apple sudah menjadi nama besar dalam musik digital.
Setelah berbulan-bulan diliputi rumor, pada Januari 2007, Apple meluncurkan produk yang kemudian dengan cepat menjadi produk pembunuh. Lewat ponsel layar sentuh ini, Apple menjadi pembuat ponsel yang paling menguntungkan di dunia.


Kini seri iPhone yang terbaru adalah Iphone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Dan dengar-dengan mereka juga bakal merilis merilis penerus iPhone SE yang dirilis pertama kali pada 2016 lalu.

7. iOS App Store

Ini adalah tonggak lain bagi Apple. Sejak diluncurkan pada Juli 2008, App Store sudah mencapai 15 miliar unduhan dengan lebih dari 500.000 aplikasi. Perluasan App Store untuk komputer OS X, berpotensi mengantarkan era baru bagi pengembangan perangkat lunak.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini