Mengenal Remdesivir, Obat yang Dipakai Cina untuk Tangani Corona

Baca Juga

MATAINDONESIA, BEIJING – Virus Corona benar-benar sudah meluluhlantakan Cina. Sejumlah ilmuwan barat berupaya untuk segera menemukan obat anti virus ini. Namun ilmuwan Cina sebenarnya sudah lama mengembangkan obat antiviral baru untuk mengatasi virus corona.

Nama obatnya adalah Remdesivir. Obat ini dibuat Gilead Sciences Inc. yang juga digunakan untuk menguji obat penyakit infeksi seperti Ebola dan SARS, akan di tes oleh tim medis dari Beijing (China-Japan Friendship Hospital) untuk diuji pada coronavirus

Dilansir dari South China Morning Post, Wuhan Institute of Virologi telah mengajukan perizinan untuk menggunakan Remdesivir sejak 21 Januari lalu. Obat ini sebenarnya belum boleh untuk digunakan di beberapa negara, tetapi akan dipakai oleh Cina setelah dianggap efektif sembuhkan corona.

Obat ini tergolong ke dalam prodrug, sehingga harus melalui reaksi kimia terlebih dahulu agar aktif ketika obat masuk ke dalam tubuh.

Para ilmuan Cina telah menguji keefektifan Remdesivir pada laboratorium. Melalui Jurnal ‘Cell Research’ mereka mengatakan bahwa hasil uji laboratorium itu pun menunjukan kalau Remdesivir memang efektif obati korona.

Pemicu Cina untuk menggunakan obat ini adalah karena bertambahnya jumlah korban yang meninggal akibat terinfeksi virus koron menjadi 65 orang di provinsi Hubei, China. Kini korban yang meninggal menjadi 490 orang di China.

Sebelumnya, obat Remdesivir juga diterapkan pada wabah virus ebola di Afrika Barat yang terjadi pada tahun 2013-2016. Pada saat itu, Remdesivir baru dalam tahap awal pengembangan. Namun, secara mengejutkan ternyata obat prodrug tersebut efektif mengobati virus ebola dan kembali digunakan pada wabah virus ebola di kivu yang terjadi pada tahun 2018-2019, meskipun pada saat itu mAb114 masih lebih efektif dibandingkan Remdesivir.

Selain dinilai efektif untuk sembuhkan korona, Remdesivir juga ternyata dapat menyembuhkan virus lainnya, yaitu virus nipah, virus hendra, dan juga SARS. (Anis Fairuz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini