Mengenal Manggis Putih, Buah Para Raja dari Nusa Tenggara Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Buah manggis biasa dikenal orang berwarna unggu kehitaman, namun tak banyak orang tahu bahwa ada buah manggis putih yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Buah manggis putih ini konon merupakan varian buah yang menjadi peninggalan raja-raja Bali pada Abad 18 yang saat itu berkuasa di Lombok. Selain itu, buah manggis ini lebih mempunyai keiistimewaan lainnya dan lebih diburu oleh petani dan penghobi.

Dengan warnanya yang unik manggis jenis ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal dipasaran. Saat ini daerah penghasil manggis putih adalah daerah Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Selain istimewa dari segi warnanya, manggis putih juga memiliki ukuran yang bervariasi dibanding dengan manggis hitam. Selain itu yang lebih membut manggis jenis ini banyak diminati adalah karena rasanya yang lebih manis dibanding manggis biasnya karena kandungan glukosanya yang cukup tinggi.

Dengan nama latin Garcinia mangostana L. Tanaman manggis dapat tumbuh di daerah daerah tropis dengan suhu hangat dan stabil. Pohon manggis dapat tumbuh hingga 7 sampai 25 meter.

Tanaman yang disebut-sebut berasal dari dataran melayu dan hingga sampai menyebar ke seluruh wilayah indonesia. bahkan dikawasan Indonesia bagian timur.

Sebagian orang telah menyadari banyaknya khasiat dari buah manggis untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menanggal radikal bebas penyebab terbentuknya sel-sel kanker.

Bukan dari daging buahnya melainkan kandungan antioksidan terbesar berasal dari bagian kulit buahnya. Sehingga saat ini banyak produk-produk obat antioksidan yang terbuat dari kulit buah manggis.

Selain antioksidan buah manggis juga banyak mengandung serat, protein, dan beberapa mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor.  Buah ini juga banyak mengandung vitamin A, B dan C.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini