Mengenal Fans Club Resmi Bayern Munchen di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI) merupakan klub penggemar untuk tim sepak bola asal Jerman, Bayern Munchen. Fans klub ini dibentuk pada 20 Mei 2008 dan diresmikan secara langsung oleh pemain, pejabat, dan staf dari Bayern Munchen.

Peresmian FCBFI dilakukan bertepatan saat Bayern Munchen berkunjung ke Indonesia. Momen peresmiannya juga istimewa karena ditandai dengan pertandingan perpisahan kiper Bayern, Oliver Kahn, melawan timnas Indonesia yang berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Bayern.

FCBFI memiliki puluhan cabang regional yang tersebar di Indonesia dan rutin mengadakan sejumlah pertemuan. Mereka bahkan mengadakan pemilihan umum yang digelar setiap tiga tahun untuk menentukan ketua klub. Saat ini, akun twitter resmi FBCFI sudah diikuti oleh hampir 20 ribu pengikut.

Sejak diresmikan, FCBFI terus menjalin hubungan harmonis dengan pihak Bayern. Mereka kerap melakukan komunikasi langsung dengan Presiden FC Bayern Fan Clubs Internasional, Raimond Aumman, yang merupakan mantan kiper Bayern Munchen. FCBFI bahkan pernah bertemu langsung dengan sang mantan kiper di Munchen.

FCBFI menjadi kelompok penggemar terbesar kedua di luar Jerman. Hal ini disampaikan oleh petinggi klub penggamar Bayern di Singapura pada 2017 silam. FCBFI dan Bayern Munchen sering kali bertukar informasi mengenai keadaan klub dan berkomunikasi langsung dengan beberapa pemain, seperti dengan Julian Green dan Jerome Boateng.

Dampak dari prestasi Bayern Munchen yang telah memenangkan Liga Champions sebanyak enam kali membuat semakin banyak penggemar bergabung dengan FBCFI. Klub ini secara rutin membuka pendaftaran untuk anggota baru setiap tahunnya.

Selain FBCFI, penggemar Bayern di Indonesia juga bisa bergabung dengan Strassenjungen Indonesien (SI). Komunitas ini didirikan pada 5 Juli 2013 dan telah mendapat pengakuan resmi sebagai klub penggemar dari pihak Bayern Munchen pada 27 Febuari 2014. Kendati demikian, SI baru diresmikan pada 17 Mei 2014.

Selain telah mendapatkan pengakuan dari pihak Bayern, SI juga sudah memiliki badan hukum secara resmi dengan ditandatanganinya akta notaris. SI merupakan kelompok pendukung ultras atau garis keras. Keberadaan Strassenjungen Indonesia bukan untuk menjadi pesaing bagi kelompok penggemar lain yang sudah ada, namun murni untuk mendukung Bayern Munchen. Saat ini, SI sudah berada di beberapa wilayah, seperti Tangerang, Serang, dan Bandung.

Reporter: Safira Ginanisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini