Mengapa Kelelahan Sebabkan Kematian? Begini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kematian Lord of The Broken Heart, Didi Kempot, diduga kuat oleh kakaknya, Lilik, karena kelelahan karena belakangan ini dia banyak kegiatan. Mengapa kelelahan bisa berakibat fatal seperti almarhum Didi Kempot?

Melalui sebuah artikelnya, Hellosehat pernah mengungkapkan aktivitas yang membuat seseorang amat sangat lelah ternyata meningkatkan risiko gangguan jantung.

Penjelasannya karena manusia bukan robot memiliki keterbatasan dalam bekerja, tidak sanggup beraktivitas 24 jam penuh.

Para ahli jantung dan pembuluh darah membagi siklus 24 jam aktivitas manusia menjadi tiga bagian. Jadi 8 jam untuk kerja keras, 8 jam kerja ringan dan 8 jam lainnya untuk istirahat atau tidur. Pembagian itu ditetapkan karena sudah melalui serangkaian penelitian.

Jika ketentuan itu dilanggar, misalnya kita paksa tubuh bekerja keras lebih dari 12 jam, maka ada dampak kesehatan karena siklus biologis manusia akan terganggu.

Sementara Direktur Medis Stanford Cardiovascular Health, dr. Alan Yeung menyebutkan bekerja terlalu lama atau terlalu giat bisa menyebabkan level stres yang sangat tinggi. Apalagi ditambah tidak beristirahat dengan cukup.

Orang yang memiliki tingkat stres tinggi akan mengalami peningkatan irama jantung dan tekanan darah. Kedua kondisi itulah yang kemudian akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan gagal jantung.

Para peneliti menyimpulkan hormon kortisol dan epinephrine yang dilepaskan saat stres, turut menyumbang pada masalah jantung mereka yang bekerja lembur.

Meski jarang, kelelahan yang amat sangat sampai menyebabkan kematian memang bisa saja terjadi. Apalagi, jika orang tersebut juga memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau stres berkepanjangan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kelelahan tidak secara langsung menyebabkan kematian yang mengakibatkan gagal jantung. Hal itu justru bisa meningkat akibat kondisi stres berkepanjangan dan iskemia kekurangan suplai darah ke jaringan atau organ tubuh karena masalah pembuluh darah.

Jadi, jika kita terpaksa bekerja melawati waktu yang istirahat sebaiknya ikuti tips berikut;
– Makan camilan sehat di tengah pekerjaan
– Hindari makanan/minuman bergula siap saji
– Tidur cukup
– Hindari pemicu stres
– Kurangi konsumsi kafein
– Minum yang cukup
– Lebih aktif bergerak
– Bercanda dengan rekan kerja. Humor diketahui dapat meningkatkan fungsi jantung

Apabila tetap merasa lelah padahal telah menerapkan pola hidup sehat, berkonsultasi lah ke dokter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini