Mendagri Tegaskan Otsus Papua untuk Kesejahteraan Masyarakat Asli
Mendagri Tito Karnavian (foto: istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan bahwa otonomi khusus (otsus) Papua bertujuan untuk memperbaiki percepatan pembangunan dan kesejahteraan, khususnya masyarakat asli Papua.

“Kita harapkan bahwa otsus ke depan betul-betul sekali lagi bertujuan untuk spiritnya memperbaiki percepatan pembangunan, memperbaiki kesejahteraan, dan afirmasi khususnya terhadap orang asli Papua,” kata Tito, Kamis 8 April 2021.

Mendagri juga berharap Dewan Perwakilan Rakyar (DPR) bisa segera menyelesaikan revisi Undang-Undang Otonomi Khusus Papua dengan menyerap aspirasi masyarakat Papua.

Mengingat aspirasi masyarakat Papua harus diperhatikan karena otonomi khusus dan otonomi khusus dilandaskan pada semangat membangun kesejahteraan masyarakat asli Papua sebagai prioritas.

“Selain menyerap aspirasi, dan juga tetap pada koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kita harapkan revisi ini undang-undang mendatang akan menjadi platform untuk mempercepat pembangunan di Papua,” kata Tito.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin yakin bahwa Revisi Undang-undang (RUU) Otonomi Khusus (Otsus) Papua akan selesai pada tahun ini.

Politisi Partai Golkar ini, juga menegaskan bahwa proses pembahasan RUU Nomor 21 tahun 2001 itu sudah berjalan dengan diawali terbentuknya pimpinan panitia khusus (Pansus) oleh DPR.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here