Menang Pilpres, Ukraina Benar-benar Dipimpin Pelawak

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Tak lama lagi Ukraina akan segera memiliki presiden baru. Dia adalah Volodymyr Zelensky, seorang komedian alias pelawak yang telah memenangkan pilpres dan menumbangkan petahana.

Zelensky mendapat jumlah suara fantastis, yakni sebesar 70 persen suara, dan hanya menyisakan sekitar 25 persen untuk capres petahana Petro Poroshenko di pilpres putaran kedua.

Pada putaran pertama, Zelensky juga unggul jauh atas lawan-lawannya saat itu, yakni Poroshenko dengan 16 persen dan eks perdana menteri Yulia Tymoshenko dengan 13,4 persen.

Namun, sistem pemilu Ukraina mengatur jika belum ada capres yang mendapat suara sebesar 50 persen, maka pemungutan suara akan dilakukan ulang hanya untuk dua orang dengan raihan suara teratas.

Zelenskiy dikenal sebagai bintang film komedi populer di Ukraina. Parahnya, ia belum punya banyak pengalaman di dunia politik, bahkan belum pernah ikut pemilihan sekalipun.

Diduga, Zelensky mendapat suara besar karena rakyat Ukraina sudah gerah dengan korupsi dan kebusukan pemerintah sebelumnya, terutama karena perang yang tak kunjung menemui titik terang melawan Rusia.

Meski data menunjukkan Zelensky berada di atas angin, namun ia masih belum ingin melakukan deklarasi kemenangan dan memilih menunggu hasil akhir ketetapan pemilu. Ia hanya berjanji di hadapan rakyat, tak akan mengecewakan Ukraina selama jadi presiden.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini