budi gunawan
Kepala BIN Budi Gunawan sebut Juli wabah corona mereda

MINEWS, JAKARTA - Momen pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada Rabu 24 Juli 2019 kemarin, ternyata tak lepas dari peran penting seorang aktor, yakni Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG).

Bahkan, pihak internal BIN mengonfirmasi kebenaran bahwa BG menjadi salah satu aktor di balik pertemuan politik besar tersebut. Hal itu dianggap sebagai sebuah tugas pokok dan fungsi dari intelijen untuk menjaga persatuan negara.

“Karena menjadi salah satu tugas, mau nggak mau Kepala BIN harus jadi garda depan mengambil langkah-langkah strategis untuk menjaga keutuhan NKRI,” kata Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto.

“NKRI itu mahal harganya jika sampai terpecah belah,” ujar Wawan menambahkan.

Ia mengaku, BG melakukan segala upaya untuk mencari titik temu pertemuan Megawati dan Prabowo. Tentu saja, upaya itu sebelumnya menemui berbagai kesulitan dan hambatan.

Wawan juga mengingatkan bahwa rekonsiliasi yang dilakukan dengan mempertemukan para elite politik yang bertarung pada Pilpres 2019 menjadi penting.

Saat ditanya soal peran BG mempertemukan dua tokoh politik tersebut, Wawan berkata sebelumnya sudah ada komunikasi yang baik antara Megawati dan Prabowo. Sehingga, BG juga mudah mendorong agar pertemuan itu terjalin baik.

“Karena itu lah makanya ada kesepakatan untuk ada suatu titik temu dan kita tetap memegang komitmen bahwa semua harus duduk bersama dan membicarakan kepentingan rakyat banyak,” kata Wawan.