Presiden Joko Widodo (kanan) mengikuti sesi pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu, 2 November 2019. Jokowi juga memiliki agenda untuk mengadakan pertemuan bilateral bersama beberapa negara sahabat seperti Selandia Baru, Australia, India, Jepang serta Sekjen PBB. BPMI/Kris

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski sedang memanas, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-36 ASEAN secara virtual 26 Juni 2020 tidak akan memrioritaskannya.

“Tidak ada suatu isu khusus yang akan dibahas bersama. Jadi setiap kepala negara bebas mengangkat isu apa saja,” ujar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares , Rabu 17 Juni 2020.

Selain Amerika Serikat dan Cina, isu kawasan itu juga menjadi perhatian negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

Hal itu dipicu beberapa insiden penerobosan kapal ikan Cina ke wilayah Malaysia dan Indonesia di dekat Laut China Selatan.

Apalagi belum lama ini, dua kapal Cina menyerang dan menyita hasil tangkapan kapal nelayan Vietnam di Laut Cina Selatan.

Meskipun aktivitas sengketa di perairan itu semakin meningkat, Jose menegaskan berbagai insiden tersebut tidak mengganggu upaya ASEAN dan Cina menyelesaikan kode tata perilaku (code of conduct/CoC) Laut Cina Selatan yang telah disusun bertahun-tahun.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here