Memanas, Laut Cina Selatan Bukan Prioritas KTT ASEAN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski sedang memanas, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-36 ASEAN secara virtual 26 Juni 2020 tidak akan memrioritaskannya.

“Tidak ada suatu isu khusus yang akan dibahas bersama. Jadi setiap kepala negara bebas mengangkat isu apa saja,” ujar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares , Rabu 17 Juni 2020.

Selain Amerika Serikat dan Cina, isu kawasan itu juga menjadi perhatian negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

Hal itu dipicu beberapa insiden penerobosan kapal ikan Cina ke wilayah Malaysia dan Indonesia di dekat Laut China Selatan.

Apalagi belum lama ini, dua kapal Cina menyerang dan menyita hasil tangkapan kapal nelayan Vietnam di Laut Cina Selatan.

Meskipun aktivitas sengketa di perairan itu semakin meningkat, Jose menegaskan berbagai insiden tersebut tidak mengganggu upaya ASEAN dan Cina menyelesaikan kode tata perilaku (code of conduct/CoC) Laut Cina Selatan yang telah disusun bertahun-tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini