Ilustrasi kartu kredit (bisnis.com)

MINEWS, JAKARTA – Punya tunggakan yang menumpuk pada kartu kredit tentu jadi beban tersendiri, bukan? Tak hanya membuat neraca keuangan jadi seret, tapi turut memicu stres berjkepanjangan. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa lepas dari belitan utang pada kartu kredit. Penasaran? Yuk kita cek sama-sama.

Sebaiknya Pakai Kartu Debet

Nah, ini salah satu kesalahan yang patut dihindari adalah melakukan transaksi besar-besaran dengan mengandalkan kartu kredit.

Menurut Analis Bankrate Ted Rossman, kehidupan boros dan suka hura-hura, akan membuat siapa saja untuk menghabiskan uangnya melebihi jumlah gaji yang diterima tiap bulan.

“Liburan panjang sangat riskan karena banyak diskon bertebaran. Saat itulah pasti kamu akan tergoda meminjam uang di bank dalam jumlah banyak,” katanya, Sabtu 30 November 2019.

Ted pun menyarankan agar bisa lepas dari utang pada kartu kredit yaitu dengan menggunakan kartu debit. Lantaran kartu ini tidak membebani bunga dan potongan yang berat. Selain itu, bisa juga membantumu untuk membuat paln untuk melunasi utangmu.

“Penawaran 0 persen bisa saja hanya selama periode promosi, dan tarifnya bisa meroket setelah itu. Pastikan kamu mampu membayar pembayaran bulanan dalam waktu yang ditentukan. Kamu juga harus bisa mengelola kebiasaan berbelanjamu,” ujarnya.

Jual Aset Atau Pakai Tabungan

Bila Anda memiliki aset atau tabungan, segera lunasi hutang kartu kredit Anda dengan dua hal tadi. Lebih baik tidak punya apa-apa daripada harus berhutang dan membuat tidur tidak nyenyak. Anda pasti tahu kalau hutang kartu kredit memakai sistem bunga berbunga (compound interest), sehingga makin cepat kamu selesaikan, maka kemungkinan hutang membengkak akan semakin kecil.

Mencari Pemasukan Tambahan

Hutang kartu kredit yang menumpuk harus disikapi dengan niat untuk membayarnya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan untuk membayar hutang tersebut. Aktivitas mencari tambahan pemasukan ini bisa Anda lakukan saat weekend atau malam hari sepulang dari pekerjaan rutin.

Negosiasikan Dengan Bank

Solusi ini bisa dilakukan saat Anda tidak memiliki opsi lain. Bernegosiasilah dan mintalah bank melakukan refinance hutang kartu kredit Anda. Salah satu alternatif yaitu dengan cara meminta bank menghentikan penambahan bunga hutang, sehingga jumlah hutang kamu tidak makin membengkak.