Mau ke Pusat Hiburan Malam Tahun Baru di Jakarta? Perhatikan Jam Operasional Tiga Transportasi Massal Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mau habiskan malam pergantian tahun di Jakarta? Jangan khawatirkan transportasi ke pusat-pusat hiburannya.

Sebab, tiga moda transportasi rel massal akan memperpanjang waktu beroperasinya. Ketiganya adalah kereta light rapid transit (LRT), mass rapid transit (MRT) dan kereta Commuter Line Jakarta-Bogor.

Pada malam pergantian tahun, ketiganya akan beroperasi rata-rata hingga sekitar pukul 02.00 WIB.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta, Arnold Kindangen mengungkapkan kereta yang beroperasi menghubungkan stasiun-stasiun antara Velodrome-Kelapa Gading bakal beroperasi hingga pukul 02.00 WIB, 1 Januari 2020. Jadwal normalnya adalah pukul 05.30 WIB sampai dengan 23.00 WIB.

Tarif yang dikenakan untuk setiap penumpang tetap sama seperti hari-hari biasa yaitu Rp 5000 per orang.

Tak hanya LRT Jakarta, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang melayani rute Jakarta-Bogor, Jakarta-Bekasi atau Jakarta Tangerang juga sudah siap menyambut libur panjang natal dan tahun baru 2020.

Dirut KCI Wiwik Widayanti meyampaikan saat malam pergantian tahun, KRL Commuter Line akan menambah jam operasional mereka sampai dengan pukul 02.00 WIB.

Selain itu, Wiwik juga memastikan akan menambah jumlah petugas selama periode liburan tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan PT Mass Rapid Transit Jakarta atau PT MRT Jakarta yang akan mengoperasikan Kereta Ratangga hingga pukul 02.30 WIB, 1 Januari 2020.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan perusahaannya akan menambah perjalanan kereta sebanyak 24 perjalanan atau seluruhnya menjadi 309 perjalanan saat malam pergantian tahun tersebut.

Sementara pola headway bakal berlaku sama seperti hari biasanya. Pada jam sibuk headway kereta setiap 5 menit, di luar jam sibuk headway 10 menit dan di jam tambahan pada malam tahun baru headway kereta 12 menit.

William memperpanjang waktu operasional kereta karena kawasan Jenderal Sudirman-Thamrin bakal menjadi pusat hiburan yang disediakan Pemprov DKI Jakarta sehingga bakal ditutup untuk kendaraan bermotor.

Menggunakan kereta MRT akan memudahkan masyarakat menuju tempat-tempat tersebut tanpa harus berjalan kaki terlalu jauh.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan harus memarkirkannya di Parkir Timur Gelora Bung Karno. Sebab, MRT telah bekerja sama dengan pengelola GBK sehingga memudahkan melakukan park and ride atau pengguna yang memarkirkan kendaraannya bisa mudah beralih ke kereta MRT.

William mengungkapkan MRT juga telah mempertebal pengamanan selama perayaan tahun baru. MRT telah berkoordinasi dengan TNI, polisi, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan, untuk memastikan keamanan dan kelancaran penumpang.(Nita Khairani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini