Mau Bahagia Hari Ini? Perbanyak Minum Air Putih

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ingin hati Kamu bahagia terus? Caranya gampang banget yaitu banyak-banyaklah minum air putih.

Studi menunjukkan dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif dan memengaruhi suasana hati seseorang.

Padahal fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat dan merasakan emosi.

Hal itu diungkapkan Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menyebutkan 75 persen otak manusia terdiri dari air. Jika kehilangan 2 persen saja, menurut Diana, fungsi tubuh termasuk otak akan terganggu.

Diana menjelaskan, bila fungsi kognitif dan mood yang terganggu, konsentrasi mudah menurun, mudah mengantuk dan lelah, serta lebih mudah merasa cemas dan tegang.

Maka, seperti dilansir antara, Diana menekankan pentingnya menjaga asupan air minum agar tetap tubuh kita tetap terhidrasi.

Dia menyatakan  28 persen orang dewasa dan 21-22 persen anak serta remaja di Indonesia masih belum memenuhi kebutuhan hidrasi. Pada dasarnya, orang dewasa yang sehat dan aktif butuh sekitar 2 liter air setiap hari.

Diana menganjurkan kita selalu mengawali dan mengakhiri hari dengan minum air putih. Dia bahkan menganjurkan agar minum air sebelum gejala dehidrasi muncul seperti haus.

Hal itu diamini praktisi Mindfulness dan Emotional Healing Adjie Santosoputro. Menyeimbangkan asupan air dan nutrisi, serta mengelola pikiran dengan baik mengurangi rasa cemas berlebihan.

“Pada prinsipnya, sebelum mengolah jiwa, kita tentu perlu memenuhi semua kebutuhan dasar fisik terlebih dahulu. Jika tubuh mengalami ketidakseimbangan, seperti dehidrasi, maka kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk kondisi emosional tentu terganggu,” ujar Adjie.

Adjie menyampaikan ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan rasa cemas, salah satunya dengan memahami konsep “mindfulness”.

“Mindfulness” adalah melatih pikiran agar sadar secara penuh dan hadir secara utuh di sini-kini. Tubuh di sini, pikiran juga beristirahat di sini, bukan mengembara ke masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini