Masyarakat Antusias Ikut Vaksinasi BIN di Tanahlaut

Baca Juga

MATA INDONESIA, TANAHLAUT – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan atau Binda Kalsel menggelar vaksinasi massal di Kabupaten Tanahlaut (Tala). Masyarakat pun antusias mengikuti vaksinasi yang disediakan Binda Kalsel.

“Saya sudah sekali divaksin. Tiga minggu lagi jadwal vaksin kedua. Mudahan saya tambah sehat dan terhindar corona,” ujar Darwati, warga Angsau, Pelaihari, Rabu 8 Desember 2021.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala Antonius Jaka mengatakan capaian vaksinasi covid-19 di Tala saat ini telah berada pada angka 37 persen lebih.

Ia mengaku sangat terbantu oleh peran Binda Kalsel yang cukup intens menggelar vaksinasi.

“Kami sangat gembira dan terbantu. Vaksinasi yang dilaksanakan BIN tentu membantu pemerintah daerah mendongkrak cakupan vaksinasi di Tala,” katanya.

Apalagi pihak BIN dikatakannya mampu melakukan pendekatan secara cepat dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama.

“Yang semula petugas kesehatan kami mengalami kesulitan menjelaskan, setelah BIN masuk menjadi mudah. Warga yang semula enggan atau tidak mau akhirnya menjadi mau dan bahkan antusias ikut vaksin,” ujarnya.

Ia pun mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk segera mengikuti vaksinasi bagi yang belum bervaksin agar cakupan 70 persen vaksinasi di Tala dapat segera tercapai. Dengan begitu, kasus covid-19 di Tala diharapkan dapat segera teratasi karena terbentuknya herd immunity ketika mayoritas masyarakat telah tervaksin.

“Kalau pun misalnya kelak ada varian baru covid-19, efek yang ditimbulkan tidak akan parah, hanya seperti orang batuk biasa saja,” katanya.

Sebagai informasi, sejak beberapa bulan lalu hingga sekarang Binda Kalsel telah beberapa kali menggelar vaksinasi covid-19 di Tala, terkini mereka lakukan Senin kemarin di Desa Damit, Kecamatan Batuampar.

Kegiatan vaksinasi pun masih akan terus berlanjut. Dalam beberapa pekan mendatang sebanyak 5.500 dosis akan disebar pada empat kecamatan di Tala.

Pada September dan Oktober lalu di Kecamatan Pelaihari dan sekitarnya, BIN Kalsel telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 6.000 dosis pertama dan kedua.

Lalu di Desa Mekarsari dua dosis sebanyak 1.000 vaksin dan berlanjut di Desa Bukitmulia 1.300 dosis pertama.
Dosis kedua akan dilaksanakan Januari 2022 nanti.

Kemudian pada Senin 6 Desember 2021 kemarin sebanyak 826 dosis yang telah diberikan bertempat di Desa Damit, Desa Telaga, dan di Ponpes Nurul Huda di Damit. Jenis vaksin yang digunakan yaitu Sinovac, Pfizer, dan Astrazeneca.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini