Masih Mau ke Singapura? Simak 6 Anjuran Resmi Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Status waspada Disease Outbreak Response System Condition (Dorscon) atas virus corona di Singapura sudah dinaikkan menjadi oranye 7 Februari 2020, dari sebelumnya kuning.

Dorscon yang menjadi oranye itu akan mempengaruhi banyak lingkungan dan aktivitas di negeri pulau tersebut seperti sekolah, tempat bekerja, lembaga layanan kesehatan dan aktivitas publik.

Jadi kalau kamu masih mau melancong di sana simak anjuran Ministry of Health (MOH) Singapura ini;

Di Sekolah
Ada penangguhan kegiatan antar sekolah dan eksternal. Itu juga berlaku sekolah nasional, perjalanan belajar dan kamp. Penangguhan akan berlangsung hingga akhir liburan sekolah Maret 2020.

Langkah penangguhan itu untuk mengurangi aktivitas pembauran dan paparan siswa terhadap orang banyak.

MOH juga menyampaikan waktu istirahat dipersingkat dan kegiatan sekolah hanya dilakukan dalam kelompok yang lebih kecil.

Di sekolah dasar, para guru menemani siswa hingga sebelum waktu istirahat. Mereka juga memastikan para siswa mencuci tangan sebelum makan, para siswa juga didorong membersihkan alas atau meja makan mereka setelah makan. Di tingkat prasekolah akan membatasi jumlah pengunjung.

Ukur Suhu Tubuh

Kementerian kesehatan setempat jugan menyarankan semua perusahaan agar mengukur suhu tubuh karyawannya dua kali sehari. Perusahaan juga harus mewaspadai karyawan dengan gejala gangguan pernapasan, seperti batuk dan pilek, dan demam.

Bagi karyawan yang merasa tidak sehat harus segera meninggalkan kantor dan pergi ke dokter. Semua tempat kerja dianjurkan mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah atau dalam tim yang terpisah.

Batalkan atau Tunda Acara Skala Besar

Pemerintah Singapura menyarankan penyelenggara acara untuk membatalkan atau menunda acara berskala besar yang tidak penting. Bagi mereka yang tetap akan menggelar acara harus melakukan tindakan pencegahan.

Ventilasi dan Fasilitas Cuci Tangan

Selain pemeriksaan suhu dan imbauan perjalanan, langkah-langkahnya termasuk memastikan semua tempat acara berventilasi dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mencuci tangan.

Kurangi Berjabat Tangan

Kementerian itu juga menyarankan individu untuk meminimalisirkan berjabat tangan selama periode waspada virus corona, kamu bisa menggunakan sikap hormat dan salam yang lain saat berjumpa orang.

Jika ada pekerja menjumpai pelanggan yang tidak sehat harus menyarankan pelanggan tersebut untuk pergi menemui dokter.

Kebersihan Pribadi

Metode utama yang paling efektif untuk mencegah penularan virus corona melalui kebersihan pribadi yang baik dengan mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air. Gunakan pembersih tangan tatkala sabun dan air tidak tersedia.

Bagi yang tidak sehat harus tinggal di rumah dan memakai masker jika mereka pergi ke dokter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini